Jumat, 09 Januari 2009

Lewat Ovi Mail, Nokia Bidik Negara Berkembang

JAKARTA-Nokia fokus mengembangkan layanan Ovi Mail di negara-negara berkembang, salah satunya Indonesia. Layanan Ovi Mail mengalami kenaikan pertumbuhan yang signifikan di Asia Pasifik dan Asia Tenggara, dengan pertumbuhan pengguna sebanyak 1,8 juta orang dalam waktu beberapa bulan.

“Bersama Rusia dan India, Indonesia menjadi negara dengan kontribusi paling signifikan untuk pertumbuhan Ovi Mail,” kata Vice President Emerging Markets Nokia Asia Pasifik Souteast Asia Dichr May saat membuka acara Nokia Life Tools di Jakarta, akhir pekan lalu.

Layanan Ovi Mail tersedia pada produk telepon seluler Nokia dengan dukungan internet siap pakai. Layanan ini memberikan kesempatan kepada masyarakat yang belum memiliki akun "email" (surat elektronik) untuk mengatur dan memulai menggunakan akun "email" pribadi.

Keberadaan layanan internet dari Nokia itu, kata dia, juga akan memudahkan masyarakat di sejumlah daerah yang belum terjangkau layanan internet untuk lebih mengenalnya. “Setidaknya, perkembangan teknologi informasi ini juga akan dinikmati semua kalangan dengan mudah dan murah,” ujarnya.

Sejak diluncurkan pada 2007, sambung dia, Ovi Mail telah menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Setidaknya hingga dua tahun operasionalnya, pengguna akun Ovi Mail telah mencapai dua juta. Indonesia bersama Thailand, Bangladesh, dan Vietnam ikut menjadi penyumbang terbesar pertumbuhan layanan tersebut.

“Boleh dikatakan, Ovi Mail sukses besar di Asia Tenggara dan Asia Pasifik. Nokia menambahkan Ovi Mail menjadi 80 bahasa,” tandasnya.

Menurut May, perangkat ponsel yang terintegrasi layanan email baru dari Nokia membawa sejumlah kemudahan buat penggunanya. Situs Ovi, kata dia, memungkinkan para pelanggan Nokia untuk memposting konten apa saja ke dalamnya. Situs ini memiliki sejumlah keunggulan, yakni pengaturan yang mudah, dan dapat mengakses berbagai layanan, tidak ada sponsor, bebas virus, dan mudah dicari.

“Pengembangan internet melalui ponsel disesuaikan dengan hasil survei terhadap pelanggan di negara berkembang, seperti Indonesia yang menunjukan masyarakat mereka lebih baik terkoneksi dengan internet melalui ponsel dari pada komputer,” katanya.

Sementara itu, Country Manager Nokia Indonesia Bob McDougal mengatakan, layanan seperti Ovi Mail merupakan solusi kuat yang dapat menjadi pintu gerbang menuju pengetahuan, hiburan dan masyarakat, tanpa perlu menggunakan personal computer (PC).

Terkait dengan hal ini, Nokia telah mengembangkan berbagai solusi lokal yang relevan yang terdiri dari ponsel dan aplikasi dengan harga terjangkau. “Semuanya dirancang dan di bangun dari dasar yang sesuai dengan kebutuhan spesifik para pelanggan di negara berkembang. Internet menawarkan berbagai rangkaian kesempatan baru,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar