Sabtu, 19 September 2009

Indosat Perkirakan Trafik Data Naik 50%

Indosat memperkirakan, trafik data pada saat Lebaran 2009 naik 50%. Sedangkan layanan komunikasi suara (voice) diperkirakan naik 35% dan SMS naik 30%.

Untuk itu, Indosat melakukan langkah antisipasi dengan meningkatkan kapasitas voice saat Lebaran mencapai 10 juta erlang atau 600 juta menit per hari. Sedangkan SMS, Indosat memiliki kapasitas hingga 450 juta SMS per hari.

“Semua kapasitas yang disiapkan baik voice, SMS dan data, siap untuk mengantisipasi lonjakan trafik hingga lebih dari dua kali lipat trafik regular biasa,” kata Chief Sales Officer Indosat Syakieb Sungkar di sela acara peresmian posko mudik Indosat di Rest Area RM Samudera, Desa Eretan, Indramayu, Jawa Barat , Rabu 16 September 2009.

Dia mengatakan, Indosat siap memberikan layanan telekomunikasi yang nyaman dan lancar di sepanjang jalur mudik serta wilayah-wilayah yang menjadi kantong mudik, baik di Jawa maupun luar Jawa. Kesiapan ini dapat terlihat dari hasil test drive internal yang dilakukan sepanjang jalur mudik seperti Jawa ke Surabaya tingkat drop call sekitar 0,8%.

Selain itu, Indosat telah menyiapkan kapasitas jaringan hingga 40 Terabyte (TB) per hari. Kepadatan trafik data, voice, dan SMS ini biasanya akan mencapai puncaknya pada H -3 dan H+3 setelah Idul Fitri.

“Sekarang ini maraknya penggunaan situs jejaring sosial seperti Facebook ikut mendorong kenaikan penggunaan data. Pada saat Ramadhan penggunaan data sekitar 18 TB nanti puncaknya Lebaran kami perkirakan sekitar 28 TB, tapi kami siapkan kapasitas jaringan hingga 40 TB,” ujar dia.

Indosat, kata dia, juga memberikan perhatian khusus untuk wilayah-wilayah yang tujuan mudik seperti wilayah Solo yang meliputi Surakarta dan Wonogiri. "Tapi kami telah mengantisipasinya dengan menambahkan BCS," kata Syakieb.

Posko Mudik

Indosat menyediakan 138 posko mudik di jalur utama sepanjang pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi untuk kenyamanan perjalanan para pelanggan dan masyarakat luas hingga H+7 Lebaran.

Posko mudik ini juga bekerja sama dengan beberapa mitra seperti Alfamart, Daihatsu, Nexian, dan Honda. Sebanyak lima titik dari 138 posko merupakan rest area dengan fasilitas lengkap.
“Kehadiran kami diberbagai titik krusial ini merupakan kepedulian kami untuk mendukung program mudik Lebaran dengan lancer dan nyaman,” kata Syakieb.

Posko mudik tidak hanya hadir di sepanjang jalur mudik kendaraan pribadi, namun juga di terminal bus, stasiun kereta api, pelabuhan, dan bandar udara. Beberapa fasilitas yang disediakan mulai dari mushola, kamar mandi, pijat refleksi, makanan dan minuman, hingga hotspot.

PT Indosat Mega Media (IM2) sebagai anak perusahaan juga menyediakan akses Internet gratis 512 Kbps khusus bagi pengunjung posko mudik mulai hari ini hingga 28 September mendatang. Selain itu, IM2 juga akan menawarkanproduk-produk terbaru seperti Broombastis dan Truff Mobile bagi para pemudik sehingga memungkinkan mereka mengakses internet selama perjalanan mudik.


Berita ini telah dimuat di Investor Daily edisi Jumat, 18 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar