Minggu, 20 September 2009

NOKIA E72

Mengadang Laju BlackBerry


Nokia E71 masih di puncak popularitasnya, tapi vendor ponsel dari Finlandia itu tetap ngotot mendatangkan Nokia E72. Kehadirannya bukan untuk menggantikan pendahulunya, tapi pelengkap untuk mengadang laju BlackBerry.


Ponsel pintar yang tipis ini diluncurkan di Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (9/9). Ponsel ini disebut sebagai perangkat ideal bagi orang yang tetap ingin produktif, baik dalam kehidupan pribadi maupun profesional.

Untuk pertamakalinya, pengguna Nokia E72 dapat menciptakan account Instant Messaging (IM) Ovi dari Nokia langsung di layar utama.


"Pengguna hanya cukup memasukkan username dan password untuk terkoneksi ke layanan IM favorit, seperti Yahoo! Messenger, Google Talk, Ovi, Facebook dan masih banyak lagi," ujar Product Manager Nokia Indonesia Trisnawan Tjipto.


Fitur IM baru ini disediakan untuk rangkaian solusi email, sekaligus juga penyedia email, seperti Mail for Exchange dan IBM Lotus Notes Traveler. Peningkatan performa juga dilakukan bagi para pengguna Nokia E72, termasuk kecepatan berinternet.


Fasilitas lain adalah penambahan kecepatan internet dan downlink speed, seperti pada A-GPS serta kompas digital yang telah terintegrasi.


Nokia E72 juga hadir dengan versi Quickoffice baru, yang memungkinkan kompatibilitas dengan Microsoft Office 2007. Selain itu pengguna dapat menikmati percakapan yang lebih jelas dengan fitur active noise cancellation dan juga lampu senter yang dapat diaktifkan dengan hanya satu tombol.


Produk terbaru Nokia dari seri E ini diharapkan masuk pasar Indonesia pada akhir tahun ini. Di Eropa, ponsel ini dibanderol dengan harga 350 euro. Di Indonesia, harganya diperkirakan sekitar Rp 5 jutaan.

Ponsel cerdas ini diharapkan mampu menggantikan kesuksesan E71, yang menjadi andalan Nokia ketika BlalckBerry melaju kencang. Apa lagi, Nokia E72 mempunyai kemampuan tidak berbeda jauh dengan E71.


"Sebagai penerus, Nokia E72 memiliki segmen yang sama dengan E71 yang ditujukan untuk segmen pebisnis. Yang mengutamakan aplikasi Email Messaging," kata Trisnawan.


Dengan konsep candy bar, E72 mengandalkan papan ketik full QWERTY. Kehadiran tombol navigasi Optical Navi Key memudahkan dalam melakukan aktivitas di setiap menu. Perubahan justru terlihat dari kamera yang meningkat menjadi 5 megapiksel, termasuk audio standar jack 3,5 mm.


Sedangkan untuk mengedit dan menulis dokumen, E72 masih menggunakan aplikasi Windows Office 2007. Akan tetapi, Nokia memberi upgrade gratis bila nantinya ada aplikasi Windows Office yang terbaru.


Menurut Trisnawan, baterai Nokia E72 dapat bertahan selama dua hari saat digunakan untuk online secara terus-menerus. Nokia E72 menggunakan baterai BP-4L, 1500 MaH, Li-Po.



Berita ini telah dimuat di Investor Daily edisi Sabtu, 19 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar