Jumat, 18 September 2009

UJI JARINGAN JAKARTA-SURABAYA DAN PEKANBARU-MEDAN

Telkomsel Siap Layani Pemudik 2009

Telkomsel memastikan siap melayani lonjakan trafik komunikasi pada Lebaran tahun ini, baik trafik komunikasi suara, SMS, maupun data. Kesiapan ini setelah melalui open drive test yang dilakukan melalui jalur kereta api Jakarta-Surabaya, dan jalur jalan raya antara Pekanbaru-Medan.

Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno mengatakan, untuk Pulau Jawa, pihaknya sengaja memilih jalur kereta api mengingat jalur tersebut banyak dilalui para pemudik. Selain itu, pengecekan jaringan di jalur darat antara Jakarta-Surabaya, baik Pantura (jalur utara) maupun selatan sudah umum.

“Pada jalur darat biasanya operator sudah siap, karena memang sudah ramai dilalui dan banyak penghuni. Sedangkan jalur kereta api umumnya melalui jalur sepi penduduk dan hutan belantara. Oleh karena itu, kami coba tes jaringan di jalur ini. Hasilnya sangat baik,” kata Sarwoto di Surabaya, Senin, 14 September 2009.

Sarwoto menjelaskan, jumlah pemudik yang menggunakan kereta api cukup besar. Dari jumlah pemudik tahun ini yang diperkirakan 16,2 juta orang, tiga juta orang di antaranya menggunakan kereta api. Alasan inilah Telkomsel menjadikan jalur kereta api sebagai sasaran uji coba demi memberikan layanan terbaik bagi pemudik.

Menurut dia, kebanyakan operator tidak tertarik mengembangkan jaringannya di sepanjang jalur kereta api secara penuh. Operator lain lebih tertarik menguji kesiapan jaringan di jalur darat, yang selama ini memang dikembangkan. Sedangkan jalur kereta api tidak selalu melewati perumahan penduduk, melainkan melewati jalur hutan dan persawahan.

“Untuk jalur jalan raya, jaringan kami sudah sangat siap. Sekarang kami ingin membuktikan bahwa di tingkat weakness sekali pun, Telkomsel siap dan pelanggan tetap bisa melakukan komunikasi. Walaupun sinyal tidak penuh atau katagori lemah, pelanggan masih bisa berkomunikasi suara atau mengirim SMS," ujar Sarwoto.

Untuk mengantisipasi arus mudik, lanjut Sarwoto, Telkomsel juga menyiapkan layanan video surveillance pada 15 titik yang diakses melalui ponsel 3G. Pelanggan yang sedang mudik bisa memonitor trafik kepadatan lalu lintas di 15 titik strategis jalur mudik yakni di Bakaheuni, Merak, Ciawi, Cianjur, Sadang, Pasteur, Cileunyi, Nagrek, Cikopo, Kanci-Cirebon, Semarang, Porong, Waru-Surabaya, Ketapang, Gilimanuk dan jembatan Suramandu.

"Bagi pelanggan Telkomsel yang pakai ponsel 3G cukup menekan 9119 untuk memantau trafik mudik," ujarnya.

Untuk periode mudik dan Lebaran tahun ini, jaringan Telkomsel didukung 29.000 BTS, di mana 21.000 BTS di antaranya melayani jalur mudik Sumatera-Jawa-Bali. Di samping itu, Telkomsel juga telah meningkatkan berbagai sisi elemen jaringannya secara cukup signifikan dibanding tahun 2008 lalu, seperti: kapasitas VLR atau kemampuan handling pelanggan ditingkatkan menjadi 96 juta, kapasitas SMS menjadi 80.000 SMS/detik, kapasitas layanan BlackBerry menjadi 80 Mbps (Megabit per second), serta jaringan 3G WCDMA dan HSDPA yang didukung 4.000 Node B yang tersebar dari Sumatera hingga wilayah Timur Indonesia.

Luncurkan SMS Infolantas 8080

Menyambut musim mudik lebaran 2009, Telkomsel bersinergi dengan Polda Jatim meluncurkan layanan SMS InfoLantas 8080. Layanan ini sebagai sarana bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi dari Direktorat lalu lintas Polda Jatim dengan cepat, tepat akurat yang dapat diakses oleh pelanggan Telkomsel, kapanpun dan dimanapun.

Melalui SMS InfoLantas ini masyarakat khususnya pelanggan Telkomsel dapat melakukan permintaan berbagai macam informasi mulai dari nomor kendaraan, info curanmor, info pembuatan SIM keliling, info jadwal STNK dan BPKB hingga infomasi titik rawan kemacetan.

"Layanan SMS InfoLantas 8080 ini merupakan kerjasama Telkomsel dengan Polda Jatim dalam mengembangkan sebuah sistem manajemen berbasis mobile yang dapat mengakomodasi infomasi dan segala kegiatan pelayanan masyarakat yang disediakan oleh Polda Jatim," kata GM Sales & Customer Service Regional Jatim Telkomsel Tavadi Rismayuda.

Menurut Tavadi, layanan SMS InfoLantas 8080 merupakan salah satu dari pengembangan ponsel sebagai mobile lifestyle dalam rangka memberikan kemudahan untuk mendapatkan berbagai informasi bagi masyarakat khususnya yang berhubungan dengan kepolisian. Untuk tahap awal ini masyarakat dapat mendapatkaninformasi mengenai keabsahan nomor kendaraan bermotornya dengan cara ketik JATIM NOPOL KIRIM 8080.

"Kedepan, layanan informasi ini akan terus dikembangkan lagi agar masyarakat dapat menerima berbagai macam infomasi lainnya yang dikeluarkan oleh Polda Jatim," ujarnya.


Berita ini telah dimuat di Investor Daily edisi Kamis, 17 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar