Selasa, 29 September 2009

LEBARAN 2009

BRTI: Akses Data Marak, Tapi Lambat


Regulator telekomunikasi menilai kualitas layanan operator GSM dan CDMA selama Lebaran membaik. SMS masih menjadi primadona untuk menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 Hijriyah. Layanan data mulai marak, tapi dibayangi perlambatan akses.


Anggota Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) Heru Sutadi mengatakan, BRTI memberikan apresiasi kepada operator yang telah berupaya memberikan layanan terbaik bagi konsumen. Meski demikian, pihaknya tidak menutup adanya kekurangan yang masih perlu diperbaiki operator di masa datang, terutama lambatnya akses data.


“Apresiasi kami atas kerja keras operator karena telah memberikan yang terbaik, meski di sana sini masih ada kekurangannya,” kata Heru di Jakarta, Jumat, 25 September 2009.


Kekurangan terutama terjadi pada perlambatan akses layanan data. Padahal, layanan komunikasi data (internet) selama Lebaran meningkat paling tidak rata-rata sebesar 10%. Peningkatan layanan komunikasi data ini seiring dengan makin maraknya penggunaan data card dan ponsel pintar (smartphone), termasuk BlackBerry, iPhone, dan smartphone merek lain.


Pelanggan juga bisa menyampaikan ucapan Hari Raya Idul Fitri melalui layanan komunikasi data, seperti pesan instan (IM) Yahoo Messanger (YM), BlackBerry Mesanger (BBM), atau jejaring sosial semacam Facebook atau Twitter. “Kecenderungan penggunaan layanan internet ini akan trus meningkatkan pada tahun-tahun mendatang,” kata Heru.


BRTI juga mengamati kecenderungan konsumen yang masih menyukai fitur SMS untuk mengucapkan salam pada teman maupun kerabat. Trafiknya mengalami peningkatan rata-rata 40-100%.


Direktur Jaringan PT Excelcomindo Pratama Tbk (EP) Dian Siswarini mengatakan, selaku operator telekomunikasi akan berusaha meningkatkan kualitas layanan pada pelanggannya. Untuk lonjakan trafik percakapan dan SMS sudah biasa. Tapi, lonjakan layanan data tidak biasa karena lonjakannya cukup tinggi dibanding tahun sebelumnya.


“Hal ini menunjukkan pengguna layanan data sangat meningkat dan mereka mengubah pola mengirim pesan dari SMS ke GPRS based messages seperti BBM, YM, MMS, email, dan sebagainya,” kata dia.


Trafik Indosat


Sementara itu, trafik data Indosat mengalami lonjakan tertinggi dibandingkan Lebaran 2008, yakni sebesar 119%. Dibandingkan hari biasa pada 2009, trafik data pada H-2 Lebaran mengalami lonjakan tertinggi hingga sebesar 18.02 Terabyte/day atau naik sebesar 9,63%.


“Hal ini tidak lepas dari upaya peningkatan layanan dan kualitas jaringan komunikasi data yang terus dilakukan manajemen seiring dengan tren peningkatan penggunaan komunikasi data oleh pelanggan dan masyarakat,” kata Group Head Corporate Communications Indosat Adita Irawati.


Sedangkan untuk trafik SMS Indosat meningkat 21,1% dibanding Lebaran 2008. Dibandingkan hari biasa, trafik SMS Indosat mengalami puncak kenaikan pada hari H menjadi 377.9 juta SMS atau melonjak 46.1%.


Puncak lonjakan untuk trafik percakapan terjadi pada hari H menjadi 3,321 juta menit. Peningkatan yang signifikan juga terjadi pada trafik outgoing SLI, yang naik hingga 203% dibandingkan trafik reguler harian.


Walaupun terjadi lonjakan trafik telekomunikasi, baik percakapan, SMS dan data selama musim mudik Lebaran 2009, Indosat tetap mengklaim bisa melayani masyarakat secara prima. “Kami memantau lonjakan trafik melalui Command Center di Jakarta, yang menjadi kunci keberhasilan jaringan kami dalam melayani pelanggan,” kata Adita.


Sedangkan PT Bakrie Telecom Tbk, kata Wakil Direktur Utama PT Bakrie Telecom Tbk Danny Buldansyah, menyaksikan peningkatan penggunaan Esia Go Go. Menghadapi musim Lebaran 2009, Bakrie Telecom mempersiapkan 1,7 juta nomor Esia GoGo. Alokasinya disesuaikan dengan daerah tujuan mudik. “Ternyata Esia Go Go benar-benar dimanfaatkan oleh pelanggan Esia,” kata dia.


Kota-kota yang merupakan kantong-kantong mudik merupakan peminat utama layanan Esia GoGo. Daerah-daerah yang diminati, yakni wilayah Jawa Tengah, seperti Magelang, Purwokerto, Pekalongan, Pemalang, Klaten dan Kudus. Di Jawa Timur, kota Madiun menempati urutan pertama diikuti Mojokerto dan Malang. Sedangkan di Sumatera peminat Esia GoGo terletak di kota Bukittinggi, Lampung, Metro dan Palembang.


Esia, ujar Danny, berhasil menjaga tingkat kualitas jaringannya menghadapi musim Lebaran 2009. Rata-rata trafik percakapan meningkat 40% dan SMS naik rata-rata 20%. Bahkan pada saat puncak Hari H, trafik percakapan telepon dan suara di jaringan Esia melonjak hampir 100%. Sedangkan sehari sebelum dan sesudah hari lebaran trafik SMS mengalami pertumbuhan hampir 50% dari rata-rata trafik SMS sebelumnya.


Berita ini telah dimuat di Investor Daily edisi Senin, 28 September 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar