Jumat, 03 September 2010

75% PC Dunia Diproduksi di Taiwan

SEKITAR 75% komputer (PC) di seluruh dunia ternyata keluaran di Taiwan. Produk-produk itu dibungkus dalam merek yang terkenal, seperti Acer, Asus, BenQ, D-Link, MSI, Trend Micro, dan Mio Tech.

“Banyak perusahaan Taiwan dikenal sebagai penyedia produk PC, monitor LCD, semikonduktor, dan ponsel kelas dunia. Namun, tidak banyak konsumen yang menyadari kalau 75% komputer dunia sebenarnya dibuat di Taiwan,” kata Wen Bin Chen, Wakil Konsulat Jendral Taiwan untuk urusan ekonomi di Jakarta, Selasa (31/8).

Pemerintah Taiwan gencar mempromosikan produk-produk teknologi informasi (TI) keluaran Taiwan di Indonesia. Bahkan, Biro Perdagangan Luar Negeri (BOFT), Kementerian Ekonomi Taiwan, ROC, dan Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) menunjuk seorang duta untuk Indonesia, Vietnam, dan India. Duta produk Taiwan untuk Indonesia adalah Cathy Saron.

Penunjukan duta-duta itu, menurut dia, untuk lebih mengenalkan produk Taiwan di Indonesia. “Meski menggunakan produk-produk ini dalam keseharian mereka, masih sangat sedikit konsumen yang menyadari bahwa produk yang mereka gunakan sebetulnya adalah produk Taiwan,” kata Wen Bin Chen.

Sementara itu, Direktur dari Taiwan Trade Center Jakarta James Chen mengatakan, Taiwan Excellence, disimbolkan dengan logo merah dan putih yang unik, diberikan kepada perusahaan dan merek dagang yang mampu memenuhi standar kualitas tertinggi kelas dunia, yang harus dipenuhi oleh produk-produk Taiwan. Ke 19 merek yang mendapatkan penghargaan ini telah bergabung di kampanye Taiwan Excellence di Indonesia untuk membawa produk yang menarik untuk konsumen Indonesia.

“Sejalan dengan rencana pemerintah dalam meningkatan akses teknologi ke Indonesia, merek-merek Taiwan menawarkan berbagai produk inovatif dengan kualitas terbaik,” kata dia.

Taiwan kini memegang posisi puncak dari pangsa pasar untuk lebih dari 10 produk TI dunia, termasuk di antaranya laptop, netbook, modem, motherboard, monitor LCD, dan VoIP Routers. Bahkan, dua produsen PC asal Taiwan, Acer dan Asus, kini telah menjadi dua dari lima besar pembuat PC dunia pada tahun ini.

“Ini merupakan untuk pertama kalinya bagi Asus, sedangkan bagi Acer telah berada dalam daftar tersebut selama lima tahun terakhir,” kata dia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar