Selasa, 28 September 2010

HP Dukung Program e-Book Sekolah

KEMENTERIAN Pendidikan Nasional (Kemendiknas) dan Hewlett Packard (HP) Development Company menandatangani nota kesepahaman untuk mencetak langsung buku pelajaran bagi siswa. HP akan menyediakan perangkat untuk mendukung program buku sekolah elektronik (BSE).

“Kami berharap melalui nota kesepahaman ini beberapa kendala dalam realisasi program BSE dapat teratasi, termasuk di dalamnya buku Lembar Kerja Siswa (LKS) atau sejenisnya. HP akan menyediakan perangkat yang diperlukan untuk kebutuhan buku elektronik ini,” kata Mendiknas Muhammad Nuh di Jakarta, belum lama ini.

Kerja sama ini, menurut Nuh, memungkinkan Kemendikdas memanfaatkan secara maksimal akses ke Jejaring Pendidikan Nasional (Jardiknas) untuk memperoleh buku cetak berkualitas yang terjangkau secara mudah dan murah. “Ini momentum untuk mendorong tumbuhnya masyarakat berbasis pengetahuan,” kata dia.

Persoalan buku dan LKS bagi siswa SD dan SMP selalu menjadi kendala di sekolah dan Kemendiknas menjamin tidak lagi persoalan pada 2011. HP akan menghadirkan inovasi solusi cetak cepat untuk mencetak BSE sesuai kebutuhan. Sebanyak 18.000 sekolah telah memiliki akses internet dan terhubung dengan Jardiknas untuk mencetak buku pelajaran.

Dia berharap dengan kehadiran program ini buku analog bisa berubah menjadi digital sehingga memberikan kemudahan siswa untuk belajar. "Ini fleksibilitas bagi murid. Jadi, murid tidak usah beli semua buku pelajaran. Murid juga tidak perlu membawa buku-buku pelajaran dengan berat," kata Presiden Direktur HP Indonesia Loh Khai Peng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar