OPERATOR telekomunikasi memberangkatkan ribuan pemudik ke kampung halamannya di Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Setelah Telkomsel memberangkatkan 5.600 pemudik, giliran Telkom, Indosat dan XL memberangkatkan 6.800 orang pemudik dengan angkutan bus.
Pemudik yang diberangkatkan adalah para mitra operator dan peritel, yang selama ini mendukung operator memasarkan produk-produk telekomunikasi. Telkom memberangkatkan empat ribu pemudik, Indosat 1.800 pemudik, dan XL 1.000 pemudik.
“Kami berharap para mitra dan peritel dapat terus mendukung dan meningkatkan militansinya dalam memasarkan produk-produk Telkom,” kata Dirut telkom Rinaldi Firmansyah saat pelepasan Mudik Bersama Telkom Group di Jakarta, Selasa (7/9).
Telkom Group tahun ini memberangkatkan sebanyak empat ribu orang dari keluarga mitra, frontliner, dan outlet di pinggir jalan. “Kami menyiapkan sebanyak 125 bus. Sebanyak 85 bus kami berangkatkan dari Jakarta, sisanya diberangkatkan dari Surabaya,” jelas Vice President Public & Marketing Telkom Eddy Kurnia.
Pendanaan untuk program ini, kata Rinaldi, diambil dari alokasi promosi dan Kepedulian Sosial Perusahaan (CSR) Telkom lebih dari Rp 4 miliar dari total alokasi dana CSR perusahaan yang sebesar Rp90 miliar.
Selain mudik bersama, Telkom juga menyediakan enam Posko Telkom Peduli dan empat Telkom Group di jalur-jalur padat pemudik maupun lokasi-lokasi strategis di antaranya Pelabuhan Bakauheni, Masjid Darussalam Indramayu, Kampung Kopi Banaran, Masjid Fairus Batang, SPBU Margasana Purwokerto, RM Duta 1 Madiun dan Pantai Pasir Putih Situbondo. Anak usaha Telkom, Telkomsel, juga menggelar 802 Posko Telkomsel Siaga di seluruh Indonesia.
Sedangkan Indosat memberangkatkan lebih dari 1.800 peritel Mentari-Matrix-IM3 melalui program Mudik Senyum Indosat. Tahun ini, Indosat menyediakan 25 bus yang terbagi dalam dua jalur, yaitu 11 bus di jalur selatan dan 14 bus jalur utara. Selain itu, Indosat menyediakan 1.357 posko bagi pemudik.
“Program ini merupakan kepedulian sekaligus apresiasi kami terhadap ujung tombak penjualan produk Indosat dan juga bagi pelanggan Indosat untuk membantu mereka melakukan aktivitas mudik dengan mudah dan nyaman,” kata Andi Samsul Hadi, Head of Jabotabek Region Indosat.
Untuk mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi, Indosat telah menyiapkan layanan meningkatkan kapasitas layanan SMS sebesar 200% atau 900 juta SMS/hari, serta kapasitas voice sebesar 120% atau 700 juta menit/hari. Khusus untuk layanan data, Indosat meningkatkan kapasitas mencapai 250% dibanding tahun lalu atau menjadi 100 Terabyte/hari. Indosat juga akan melakukan upgrade kapasitas link ke RIM menjadi 1Gbps untuk meningkatkan layanan BlackBerry Indosat selama bulan Ramadhan.
Dalam kesempatan terpisah, PT XL Axiata Tbk (XL) menyiapkan 15 bus, 55 minibus, dan dua gerbong kereta untuk seribu mitra dan peritel. “Program XL Bareng Rame ini merupakan penghargaan bagi teman-teman frontliner yang sudah membantu memasarkan dan mengenalkan layanan XL secara luas kepada masyarakat,” kata Presdir XL Hasnul Suhaimi.
Selain menyiapkan bus, XL juga membagikan uang saku Rp 400 ribu, untuk masing-masing peserta mudik beserta asuransi, tas dan perlengkapan perjalanan, serta bingkisan Lebaran dari Indomaret sebagai mitra XL dalam program ini.
Untuk menjaga keamanan dan kenyamanan selama perjalanan, semua bus yang dipergunakan dalam program ini dilengkapi dengan perangkat GPS yang memberikan informasi atau data pergerakan bus. Dengan demikian, XL sebagai penyelenggara dapat memantau keberadaan rombongan.
”Alat ini juga akan sangat berguna untuk memantau kondisi jalan sehingga kemungkinan terjebak kemacetan di jalan bisa diminimalisasi,” ujar Hasnul.
Rabu, 08 September 2010
Operator Berangkatkan Ribuan Pemudik
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar