Kamis, 02 September 2010

XL Hadirkan Pearl 3G Jelang Lebaran

JAKARTA - Guna mengejar target 800 ribu pelanggan BlackBerry hingga akhir tahun 2010, PT XL Axiata Tbk meluncurkan BlackBerry Pearl 3G 9105. Sementara itu, Indosat sudah lebih dulu memasok dua varian terbaru ponsel pintar Curve 3G dan Pearl 3G.

Vice President Customer Experience Enhancement XL Asni Juita mengatakan, jumlah pelanggan BlackBerry XL saat ini mencapai 500 ribu. Oleh karena itu, pihaknya merevisi target menjadi 800 ribu pelanggan hingga akhir tahun ini.

"Per hari ini jumlah pelanggan kami sudah mencapai 500 ribu pelanggan. Karena itu pula, sejak bulan lalu, kapasitas jaringan XL ke RIM Kanada ditingkatkan menjadi 800 Mbps," kata Asni di sela peluncuran BlackBerry Pearl 3G 9105, Selasa (31/8).

Peningkatan kapasitas bandwidth ke Research In Motion (RIM) Kanada dilakukan karena konsumsi bandwidth setiap pelanggan BlackBerry cukup tinggi. Hal itu tak lepas dari aktivitas pelanggan mengakses aplikasi BlackBerry Messenger (BBM), browsing, chatinggi, dan jejaring sosial semacam Twitter, dan Facebook.

Dengan 800 Mbps, XL mengklaim memiliki jalur ke RIM Kanada terbesar. Namun, Indosat mengklaim telah meningkatkan kapasitasnya ke Kanada menjadi 1 Gbps. Selain itu, Indosat juga mengklaim telah lebih dulu memasok BlackBerry Curve 3G dan Pearl 3G, yakni sejak awal Agustus 2010.

“Pada kuartal IV ini, kami akan memasok BlackBerry Torch,” kata Group Head VAS Marketing Indosat Teguh Prasetya. Pun begitu dengan XL, yang akan meluncurkan Torch menjelang akhir 2010.

Teguh menjelaskan, pihaknya siap menjualan puluhan ribu handset BlackBerry terbaru itu. “Kami siap memasok puluhan ribu unit, malah program pre-order sudah ditutup. Masing-masing smartphone sudah dipesan lebih dari 500 unit,” kata Teguh.

Dalam program pre-order tersebut, Indosat menawarkan harga Rp 3,5 juta untuk Pearl 3G 9105 dan Rp3 juta untuk Curve 3G. Program ini ditawarkan untuk mengantisipasi momen Lebaran dimana penjualan ritel ponsel meningkat hingga 30% dibanding hari biasa.

Sedangkan, XL menawarkan Pearl 3G seharga Rp 3,8 juta atau lebih mahal dari Indosat. Untuk tahap awal, XL akan memasok lima ribu unit Pearl 9105. “Smartphone ini sengaja kami pasok secara terbatas agar lebih eksklusif bagi pelanggan,” kata General Manager Direct Sales XL Handono Warih.

Tidak ada yang eksklusif untuk BlackBerry, mengingat banyak operator yang menawarkan Pearl 3G. Teguh mengatakan, Indosat mengklaim telah memiliki lebih dari 500 ribu pelanggan BlackBerry. “Kecepatan pertumbuhan pelanggan BlackBerry Indosat bisa mencapai 3-5 ribu pelanggan per hari,” kata Teguh.

ARPU Tinggi

XL dan operator telekomunikasi gencar meningkatkan jumlah pelanggan BlackBerry karena layanan ini menghasilkan pelanggan yang lebih loyal dengan belanja pulsa rata-rata per bulan (ARPU) cukup signifikan. Saat ini, XL menawarkan promo tarif langganan paket BlackBerry One sebesar Rp99 ribu per bulan.

Operator ini juga menyediakan wadah aplikasi agregator lokal yang khusus disediakan untuk pelanggan layanan BlackBerry dalam XL Mall. Hingga saat ini, terdapat sekitar 100 aplikasi lokal yang bisa diunduh mulai dari games, themes, wallpaper, diskon, hingga aplikasi khusus Ramadhan dan Lebaran. XL menggandeng penyedia konten lokal Better-B dan 7 Langit dalam menyediakan konten-konten lokal.

"Kami lihat tidak hanya layanan BlackBerry yang menjadi tren, Nokia Messaging juga mulai naik daun," ujar Asni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar