Senin, 06 September 2010

Operator Sediakan Posko Mudik

SEJUMLAH operator menawarkan fasilitas khusus bagi pemudik melalui posko-posko yang disediakan di sepanjang jalur mudik. Kegiatan ini sebagai salah satu upaya meningkatkan loyalitas pelanggan sekaligus menambah pundi-pundi pendapatan.

Indosat menyebar posko mudik di sepanjang jalur utama mudik di Pulau Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Group Head Strategic Marketing Indosat mengatakan pihaknya menyediakan berbagai fasilitas dan penjualan di 1.357 titik. Posko-posko mudik tersebut ditempatkan di berbagai lokasi strategis seperti stasiun kereta api, terminal bus, dan bandara.

Posko mudik itu hadir dalam berbagai bentuk, seperti Rest Area Utama Indosat, Rumah Mudik, Rest Area Swadaya, Rumah Makan Mudik Nyaman, Rest Area Mudik Penjualan Idul Fitri, Rest Area Mampir, Rest Area Mudik. Fasilitas yang disajikan beragam, mulai dari mushola, toilet, matras, bale-bale istirahat, taman bermain anak-anak, pijat, makanan dan minuman, voucher isi ulang, kartu perdana, hot spot hingga ruang menyusui.

Sementara itu, PT XL Axiata Tbk menyediakan Posko XL Mangkal Mudik Rame dengan berbagai layanan gratis, seperti fast facilities, fast refreshment, fast shopping, games, serta info trafik mudik. Tempat persinggahan bagi pemudik disediakan di 33 kota di jalur utama arus mudik di Jawa, Sumatera, dan Bali. Lokasinya di rumah makan, SPBU, rest area, mesjid, dan pusat oleh-oleh.

“XL Mangkal Mudik Rame diluncurkan serentak di Terminal Lebak Bulus (Jakarta Selatan), Subang (Jawa Barat), Mojokerto (Jawa Timur), serta Pelabuhan Bakauheni (Lampung),” kata Direktur Commerce XL Joy wahyudi, dalam keterangan resminya, di Jakarta, akhir pekan lalu.

Operator Tri, PT Hutchison CP Telecommmunications Indonesia (HCPT) juga menggelar program Mudik Ringan di beberapa stasiun kereta di Jakarta, Bandung dan Surabaya. Pelanggan Tri yang sedang mudik dapat menikmati berbagai layanan gratis, antara lain jasa porter, pijat refleksi, dan hiburan sulap.

“Program ini akan meringankan pelanggan Tri yang akan pulang kampung dengan transportasi kereta,” ujar Chief Commercial Officer PT HCPT Suresh Reddy.

Smart Telecom dan Mobile-8 Telecom kembali bersinergi untuk menghadirkan ‘Mudik Seru Smart dan Fren’ bagi 1.500 orang frontliners dan pelanggan yang ingin pulang kampung dengan 38 bus ke berbagai kota di Pulau Jawa. Predir Smart Telecom Sutikno Widjaja dan Presdir Mobile-8 Merza Fachys mengatakan, program ini sebagai tanggung jawab sosial perusahaan, sekaligus sebagai apresiasi perusahaan terhadap pelanggan dan ujung tombak perusahaan.

Flexi Siap

Sementara itu, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) memprediksi menjelang dan selama Lebaran akan terjadi lonjakan trafik Flexi antara 20-30% untuk layanan suara, SMS dan data dibanding hari-hari normal. Sedangkan penggunaan nomor Combo diprediksi melonjak sebesar 33-40% dan data akan naik 14-25%.

Vice President Public and Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia mengatakan, infrastruktur Telkom siap menghadapi lonjakan trafik komunikasi. Telkom juga telah menyiapkan 3,5-4,5 juta nomor Combo bagi pelanggan Flexi yang mudik ke kampung halamannya.

“Daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur diperkirakan memiliki kenaikan Combo yang cukup berarti. Area Jawa Timur bahkan bisa melonjak hingga 35-40% dibanding musim mudik tahun lalu,” ujar Eddy.

Flexi kini melayani 16,2 juta pelanggan. Pada hari normal, Flexi diperkuat 5.600 Base Transceiver Station (BTS) yang bisa melayani dua juta SMS per hari, 22 juta menit panggilan suara per hari, dan konsumsi bandwidth untuk layanan data sebesar 23 Gbps. Selama Ramadhan dan Lebaran, Telkom menyediakan dua SMS center yang mampu menangani delapan juta SMS per hari, dan gateway khusus yang mampu memproses 10 ribu SMS per detik.

“SMS menjadi perhatian khusus karena pelanggan masih menggunakan jasa ini untuk mengucapkan selamat berlebaran. Apalagi Flexi memiliki layanan long SMS dan Flexi milis,” kata Eddy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar