Jumat, 03 September 2010

Smartfren Tawarkan Modem dan Ponsel Low End

SMART Telecom dan Mobile 8 Telecom (Smartfren) akan memperkuat penetrasinya pada segmen low end untuk ponsel dan modem. Hampir 80% produk Smartfren yang terjual berasal dari segmen tersebut.

“Sebagian besar pangsa pasar ponsel saat ini berada di kelas tersebut (low end). Bila Smartfren fokus ke pasar ini, masih banyak celah pasar yang bisa diraih," kata Division Head Core Product and Branding Smart Telecom Ruby Hermanto di Jakarta, Selasa (31/8).

Dia mengakui, margin keuntungan dari segmen ini sangat tipis. "Tapi, ini harus dilihat sebagai strategi jangka panjang di pasar ponsel dan modem," katanya.

Menghadapi lebaran, kata dia, Smart Telecom menawarkan paket penawaran modem EVDO 3.5G dengan harga Rp 199 ribu dari harga sebelumnya Rp 888 ribu. Harga ini didapat dengan berlangganan paket layanan Blackberry hemat dari Smart Telecom yang kini turun dari harga Rp 149 ribu menjadi hanya Rp 99 ribu selama 30 hari.

Sementara itu, Group Head of Product and Device Management Mobile-8 Sukaca Purwokardjono mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan Smart Telecom mengeluarkan banyak produk yang memiliki berbagai kemudahan. Di antaranya adalah Hape Smartfren Islami dengan harga Rp319 ribu. Ponsel ini menawarkan keuntungan gratis tujuh hari konten islami, 30 hari gratis internet, 30 hari gratis RBT islami dan 30 hari gratis SMS islam.

Selain itu, bagi pelanggan yang melakukan perjalanan luar kota (mudik), Fren menghadirkan tarif lokal yang sangat murah yaitu Fren Duo. Layanan ini diklaim mampu memberikan kenyamanan dalam berkomunikasi karena tidak harus melakukan regristasi minta nomor pada saat berpindah kota.

Sukaca optimistis, melalui sinergi antara Smart dan fren jumlah pelanggan akan terus meningkat hingga diatas 3 juta pada akhir tahun ini. Pasalnya, hingga semester I 2010, jumlah pelanggan yang berhasil mereka gaet mencapai 2,7 juta pelanggan.

Fren juga mematok peningkatan pangsa pasar, yang saat ini hanya sekitar 3%-4% dari total pasar CDMA di dalam negeri, menjadi 5%-8% hingga akhir tahun. "Kami akan terus keluarkan inovasi produk baru," kata Sukaca.

Program Shop

Smart Telecom dan Mobile-8 Telecom menawarkan kemudahan untuk pengguna yang ingin memiliki ponsel lewat program Smartfren Handset Ownership Program (SHOP).
Program ‘gratis hape’ tersebut digadang-gadang sebagai program pertama yang ditawarkan di pasar telekomunikasi Indonesia. Adapun segmen pengguna yang dituju adalah pengguna pasca bayar.

“Hanya dengan menggunakan layanan Smart atau Fren pasca bayar dengan kontrak pemakaian selama 12 bulan, pelanggan bisa mendapatkan ponsel gratis,” kata Ruby.
Dia mengklaim, ada tiga keuntungan yang bisa diperoleh oleh pelanggan yang mengikuti program SHOP yakni gratis ponsel, gratis telepon sepuasnya, dan unlimited SMS serta internet selama masa kontrak.

“Selain itu, setelah kontrak berakhir, pengguna berkesempatan mengganti ponsel yang sudah dicicil tersebut dengan ponsel baru. Caranya dengan memperpanjang kontrak,” ujarnya.

Untuk dapat memiliki ponsel secara gratis, pelanggan dapat menggunakan layanan dengan tarif berkisar Rp50 ribu sampai Rp150 ribu per bulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar