Jumat, 12 Februari 2010

Flexi Targetkan Kontribusi Data Capai 20%

TAHUN ini, Telkom Flexi semakin gencar melakukan penetrasi pasar dalam layanan data. Bahkan, layanan FWA milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk itu menargetkan kontribusi penerimaan dari bisnis layanan data meningkat dari 8% pada 2009 menjadi 20% pada 2010.

"Peluang untuk meningkatkan kontribusi pendapatan dari data sangat terbuka dengan produk konten baru yang diluncurkan bisa memenuhi kebutuhan pelanggan," kata Manager Content Pertnership Telkom Divisi Flexi James Ryan di Surabaya, belum lama ini.

Menurut James, selama ini, kontribusi layanan data hanya sekitar 8% dari total pendapatan Telkom Flexi. Kalau dirata-ratakan, penerimaan dari layanan data Flexi untuk wilayah Jatim sekitar Rp 300 juta per hari, dan pendapatan layanan data Flexi secara nasional Rp 3,5 miliar per hari atau sekitar Rp 1,28 triliun.

Sedangkan kontribusi terbesar terhadap pendapatan Telkom, kata dia, masih diperoleh dari layanan suara, yakni sebesar 65% dan layanan SMS sebesar 27%. Hal ini disebabkan pertumbuhan bisnis konten selama ini memang tidak terlalu signifikan karena masih mahalnya biaya untuk mengakses layanan tersebut.

Untuk meningkatkan pertumbuhannya, lanjut James, Telkom Flexi telah mengeluarkan layanan konten terbaru voice content portal atau portal berbasis suara dalam 'Flexi Swara' dengan harga yang cukup murah. Dengan layanan terbaru ini, targat kontribusi data terhadap total pendapatan Telkom Flexi sebesar 20% diharapkan bisa terpenuhi. Sedangkan kontribusi layanan suara tinggal 50%, dan SMS menjadi 30%.

Konten terbaru Flexi itu salah satunya adalah Flexi Swara yang membidik segmen anak muda. Flexi Swara adalah voice content. “Selama ini industri telepon seluler masih didominasi konten berbasis SMS. Namun tren-nya terus menurun, karena harganya relatif lebih mahal,’’ kata dia.

General Manager Commerce Telkom Divisi Flexi Area Jatim, Bali, Nusa Tenggara (Nusra), Suparwiyanto mengatakan, pelanggan Flexi di Jatim saat ini mencapai 5,5 juta pelanggan. Dengan berbagai inovasi layanan baru pada tahun ini, jumlah pelanggan Flexi diharapkan bertambah dua juta pelanggan. "Jika Flexi punya banyak konten menarik, saya yakin percepatan target penambahan pelanggan baru sebesar 2 juta pada 2010 akan tercapai," kata dia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar