Jumat, 12 Februari 2010

HP Hadirkan 45 Service Center di 37 Kota

HP Indonesia terus memperkuat layanan purna jual kepada konsumen melalui HP Authorized Service Center (ASC). Saat ini, HP telah membuka 16 ASC di 12 kota dengan jumlah total 45 pusat layanan purna jual (service center) yang mencakup 37 kota di Indonesia.

“Kehadiran pusat layanan resmi ini merupakan salah satu bagian program pengembangan wilayah bisnis HP,” kata Megawaty Khie, Managing Director, Personal System Group, HP Indonesia, saat meresmikan HP ASC ke-16 di kawasan Mangga Dua, Jakarta, Kamis (11/2).

Data IDC pada kuartal III 2009 melaporkan, pangsa pasar PC HP sebesar 20,7% atau yang tertinggi secara total. Namun, untuk pangsa pasar consumer khususnya PC portable, HP masih tertinggal dari vendor Taiwan, Acer.

Megawaty mengatakan, kehadiran layanan purna jual yang luas adalah bagian dari strategi HP untuk melakukan pendekatan dengan pelanggan di kelas consumer.

HP Indonesia juga sedang membidik 200 lokasi baru di daerah untuk melakukan ekspansi. “Market di daerah sangat besar dengan porsi sekitar 60:40 dengan Jakarta. Jadi, kami harus cover permintaan layanan di daerah dengan baik” jelas dia.

Selain mengembangkan jenis layanan, HP juga berencana menambah jumlah service center maupun unsur-unsur pendukung lainnya seperti Drop Off Point yang merupakan layanan perbaikan antar-jemput. “Dua bulan ke depan kami akan menambah beberapa service center di Manado, Banjarmasin, Jember, dan Probolinggo untuk mendukung penjualan HP di daerah,” jelas Megawaty.

Technology Services Director Enterprise Business HP Indonesia Bardi Yarsono mengklaim tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan purna jual HP mencapai 80%. Adapun layanan dan fasilitas yang disediakan di service center HP, antara lain, Personal Consultation, SMS Update, Web Chatting, Customer Call Center, Happy Call, On-call Services, Pick Up & Return Services, dan Xpress Repair.

Rata-rata pelanggan datang ke HP service center untuk memeroleh layanan non-perbaikan seperti pengaturan Bluetooth, PDA, maupun modem broadband yang mereka gunakan. Sedangkan untuk perbaikan, HP service center mampu menampung sekitar 100 unit PC per hari. “Sekarang, service bukan hanya menjadi pendukung, tapi sudah menjadi lini penting untuk meningkatkan reputasi vendor di mata pelanggan,” kata Bardi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar