Senin, 15 Februari 2010

XL Targetkan Pelanggan Tumbuh 30%

PT XL Axiata Tbk fokus menggenjot pelanggan berkualitas. XL tak lagi mengutamakan capaian jumlah pelanggan yang fenomenal, melainkan pendapatan. Tahun ini XL menargetkan pertumbuhan jumlah pelanggan sebesar 20-30%, termasuk di Area Timur, yang memberi kontribusi cukup besar pada revenue dan pelanggan XL.

"Banyak operator mengklaim, jumlah pelanggannya sekian juta, tapi apakah pelanggannya berkualitas dalam arti menghasilkan revenue. Fokusnya tetap ke pelanggan berkualitas. Pelanggan yang menghasilkan revenue akan kami jaga loyalitasnya" ujar Vice President PT XL Axiata Area Timur Djunaedy Hermawanto dalam paparan rencana bisnis perseroan 2010 di Surabaya, Rabu (10/2).

Djunaedy menambahkan, per akhir 2009, jumlah pelanggan XL di Area Timur mencapai sembilan juta dari total pelanggan XL secara nasional yang saat ini mencapai 31,4 juta. Guna menjaga kinerja tahun ini, XL sudah menyiapkan sejumlah strategi dan beberapa program yang akan memacu kinerja.

“Kami siapkan mulai dari segmen anak muda hingga solusi bisnis korporasi, semua program sudah kami siapkan,” kata dia.

Salah satunya XL memperluas pasar anak muda dengan meluncurkan paket layanan Combo. Pasar tersebut masih sangat prospektif untuk digarap seiring perubahan gaya hidup anak muda yang kini mengutamakan komunikasi via ponsel. Program ini menawarkan gratis berkirim SMS sebanyak 100 kali dan internet 1 MB setiap hari.

"Anak muda masih sensitif harga murah, karena itu berpengaruh ke uang saku. Karena itu kami menggarap segmen youth ini dengan mengandalkan harga dan berbagai penawaran menarik. Tapi, kami tetap akan membidik pelanggan muda berkualitas yang bisa menghasilkan revenue," jelas Djunaedy.

Djunaedy mengatakan, pelanggan muda akan dibidik untuk memaksimalkan bisnis layanan data. Sebab, saat ini pelanggan muda lebih memprioritaskan akses data daripada voice dan SMS. Tren penggunaan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter mendongkrak penggunaan layanan data dari para pelanggan anak muda.

"Khusus yang layanan Paket Combo ini, kami menawarkan gratis internet 1 MB yang setara dengan akses Facebook 50 kali, YahooMessenger 2,5 jam, dan akses Twitter 50 kali," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar