Selasa, 09 Februari 2010

Luncurkan TTM, Esia Ingin Dongkrak Pendapatan


PT BAKRIE Telecom Tbk meluncurkan layanan Telusur TemanMu (TTM), demi mendongkrak pendapatannya. Layanan ini memungkinkan pengguna Esia berjejaring dengan teman-temannya, melalui media telepon dan SMS.

Operator Esia gencar berinovasi dan menawarkan value added service (VAS) bagi produk layanannya. Inovasi tersebut tak lain bertujuan untuk meningkatkan pendapatan (reveneu) perseroan.

"Yang kami lakukan sudah bukan cari pelanggan lagi. Yang kami cari adalah menaikkan reveneu (pendapatan)," kata Deputy President Director PT Bakrie Telecom Erik Meijer saat peluncuran Esia TTM di Jakarta, Senin (8/2).

Tahun ini, Bakrie Telecom menargetkan 14 juta pelanggan. Sedangkan jumlah pelanggan sampai September 2009 sebanyak 9,81 juta pelanggan. Erik optimistis, target itu bisa tercapai. Namun, Erik tak menyebutkan berapa target pendapatan tahun ini.

Layanan baru Esia, TTM, menurut Erik, memang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan kaum muda yang begitu gandrung pada jejaring pertemanan. “Ini akan menciptakan gaya hidup baru sesuai aturan di komunitasnya," ujar Erik.

Erik mengatakan, perkembangan jejaring komunitas sosial di Indonesia kian pesat dan banyak peminat. Hanya saja saat ini akses ke jejaring sosial yang ada lebih banyak berbasis internet. Oleh karena itu, operator Esia menawarkan model akses jejaring sosial itu via telepon dan SMS.

Untuk registrasi TTM, operator Esia mengenakan tarif Rp 1.000 per minggu dan biaya penggunaan Rp 500 per menit untuk panggilan telepon atau Rp 250 per SMS. Pelanggan yang berminat bisa menghubungi nomor 141.

Alasan penggunakan telepon dan SMS untuk mengakses situs jejaring sosial itu, menurut Erik, tak lain adalah banyaknya jumlah pelanggan seluler. Saat ini, total pelanggan seluler lebih dari 120 juta, jauh di atas pengguna internet (25 juta) atau pelanggan internet (2,5 juta).

"Dengan layanan Esia TTM untuk mengakses jejaring pertemanan melalui telepon dan SMS, jumlah penggunanya akan makin banyak. Dan, reveneu-nya juga pasti tambah banyak," kata Erik.

Dengan Esia TTM, pelanggan dapat membuat profil yang dapat didengarkan oleh pelanggan lain, termasuk beberapa kriteria tertentu seperti minat, hobi, umur, maupun gender. Ditambah lagi, fitur voice profile untuk membuat pesan suara singkat mengenai dirinya dan mencari pengguna lain yang sesuai dengan kriterianya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar