Jumat, 12 Februari 2010

XL Belum Bisa Kalahkah Indosat

INDOSAT mengukuhkan diri sebagai operator terbesar kedua di Indonesia dengan total jumlah pelanggan sebanyak 33,1 juta atau lebih banyak dibandingkan pesaing utamanya, XL, yang memiliki pelanggan sebanyak 31,4 juta. Sedangkan operator seluler terbesar di Indonesia masih tetap dipegang Telkomsel dengan total pelanggan lebih dari 82 juta.

“Tahun ini, kami menargetkan pelanggan XL naik menjadi 34-35 juta. Sedangkan, jumlah BTS bertambah 1.500 sampai 2.000 BTS,“ kata Dirut PT XL Axiata Hasnul Suhaimi di Jakarta, belum lama ini.

Kamis (12/2), XL mengumumkan kinerja perseroan 2009. Dalam laporan itu tersebutlah, jumlah pelanggan sebanyak 31,4 juta atau naik 21% dibandingkan posisi akhir 2008. Sedangkan jumlah pelanggan prabayar 31,1 juta.

“Sepanjang 2009, XL mengalami peningkatan pemakaian layanan data secara siginifikan. Ini didorong oleh beralihnya kebutuhan telekomunikasi para pelanggan dari kebutuhan dasar, seperti menelepon dan mengirim SMS saja, menjadi chatting dan mengunduh aplikasi jejaring sosial melalui telepon genggam,” kata dia.

Perilaku ini didukung oleh tingginya tingkat penetrasi BlackBerry dan telepon genggam yang mempunyai kemampuan GPRS. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan layanan data, XL memperkenalkan tarif yang sangat terjangkau untuk layanan data dengan berbagai macam mekanisme tagihan yang dapat dipilih sendiri oleh pelanggan. ”Hasilnya, peningkatan pendapatan layanan data meningkat sebesar 269%,” kata dia.

Dia menyebutkan, jumlah panggilan keluar dan SMS juga meningkat signifikan sebesar 60% menjadi 87,6 miliar menit dan SMS meningkat sebesar 258% menjadi 63,6 miliar SMS.

“XL akan terus meningkatkan kualitas layanan dengan cara mengendalian beban jaringan melalui penawaran program yang disesuaikan dengan beban jaringan sepanjang hari dan menghindari investasi yang tidak perlu. Sumber daya yang tersedia akan terus dimanfaatkan secara efisien dalam rangka memaksimalkan pertumbuhan maupun memuaskan pelanggan kami,” kata dia.

Sementara itu, Group Head Strategic Marketing Indosat Fuad Fachroeddin mengatakan, jumlah pelanggan Indosat per akhir 2009 mencapai 33,1 juta. Pencapaian jumlah pelanggan ini tidak lepas dari value strategy yang diterapkan Indosat. Yakni, strategi yang menekankan pada customer focus untuk mendapatkan pelanggan yang benar-benar berkualitas.

“Pencapaian jumlah pelanggan ini juga didukung oleh berbagai upaya penjualan secara agresif di delapan kantor regional serta 36 kantor cabang di seluruh Indonesia serta peningkatan kapasitas jaringan secara terus menerus di samping perluasan cakupan layanan,“ kata Fuad di Jakarta seusai menerima penghargaan Top Brand Award 2010, kemarin.

Fuad mengatakan, saat ini layanan Indosat kepada 33,1 juta pelanggan itu sudah mencakup seluruh provinsi di Tanah Air, 97,50% kabupaten dan 70,35% kecamatan di Indonesia.

Sedangkan Kepala Humas Indosat Adita Irawati belum bisa menyebutkan berapa target jumlah pelanggan dan jumlah BTS pada tahun ini. “Kemungkinan besar data-data itu baru akan kami rilis pada awal atau pertengahan Maret 2010,“ kata dia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar