Senin, 01 Februari 2010

Nexian Siap Hadapi Persaingan dengan Layanan

PT METROTECH Jaya Komunika (Nexian) berhasil menjual lebih dari satu juta unit ponsel bersama operator XL pada 2009. Namun, vendor lokal ini mengakui persaingan antarvendor semakin ketat pada 2010.

“Sekarang gap harga semakin kecil. Brand global juga sudah mulai menyesuaikan harga dengan pasar lokal,” kata Martono Jayakusuma, Direktur Utama Nexian, di sela peluncuran Nexian Messenger di Bandung (28/1).

Nexian mulai mengantisipasi perubahan tren dalam industri telekomunikasi dimana layanan data mulai meningkat dibandingkan suara.

Martono mengatakan tantangan bagi sekitar 40 vendor lokal adalah menghadirkan perangkat dengan konektivitas yang lebih baik. Menurut dia, selain bersaing dalam harga,vendor juga harus memperhatikan kualitas barang yang mereka jajakan di pasar.

Pada 2009, total penjualan ponsel lokal diperkirakan sebanyak empat juta unit. “Pengguna ponsel kini cenderung menginginkan ponsel yang menyediakan fasilitas browsing dengan koneksi yang bagus, upload di situs jejaring, serta kualitas suara musik yang baik,” jelas Martono.

Untuk memosisikan sebagai salah satu pionir merek ponsel lokal, Nexian menghadirkan layanan Nexian Messenger dalam produk terbarunya NX-G801. Layanan ini adalah aplikasi interaksi antarpengguna Nexian. Cara mengoperasikan aplikasi ini mirip dengan layanan BlackBerry Messenger, yaitu menggunakan kode PIN.

Vice President Enterprise and Carrier PT XL Axiata Titus Dondi mengatakan, XL sebagai operator bundling produk ini mengincar semua segmen, khususnya middle-low yang ingin mendapatkan fasilitas chatting layaknya BlackBerry. Kelebihan layanan ini adalah otomatisasi koneksi yang tidak perlu melakukan proses log-in terlebih dahulu.

Layanan Nexian Messengerhanya dikenakan biaya Rp500/hari atau Rp15 ribu/bulan. Pelanggan juga dapat menikmati bonus pemakaian layanan ini selama 45 hari dalam masa promo yang berakhir bulan Maret 2010.

Selain Nexian Messenger, ponsel NX-G801 juga telah dilengkapi beberapa fitur, antara lain akses data EDGE, aplikasi Java untuk Facebook, kamera 2 megapiksel, dan kualitas audio yang baik. Ponsel ini dijual dengan harga Rp 999 ribu.

Untuk menghadirkan layanan yang prima, Nexian telah membuka 60 service center dan 21 collection point yang tersebar di Indonesia. Sedangkan, jaringan distribusi produk-produk Nexian dipegang oleh Sellular Group.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar