Jumat, 07 Mei 2010

NSN dan Samsung Uji Coba LTE

NOKIA Siemens Indonesia (NSN) dan Samsung Electronics (Samsung) melakukan uji coba panggilan data Long Term Evolution Time Division Duplex (TD-LTE) menggunakan sebuah prototip perangkat modem. Demonstrasi yang diklaim sebagai yang pertama di dunia ini menggabungkan solusi jaringan TD-LTE NSN serta perangkat dongle TD-LTE buatan Samsung.

NSN menggunakan perangkat jaringan Flexi Multiradio Base Station dan solusi jaringan inti, termasuk Network Server, Network Gateway, dengan piranti lunak LTE yang sesuai dengan standar yang ditetapkan dalam 3GPP pada Maret 2009. Sedangkan, modem Samsung digunakan untuk membuktikan kemampuan interoperabilitas antara perangkat tersebut dan jaringan.

TD-LTE merupakan varian dari LTE untuk unpaired spectrum yang rencananya akan digunakan oleh operator China Mobile, Tiongkok. Uji coba ini dilaksanakan di pusat R & D Center NSN di Hangzhou, Tiongkok, dengan mengakses layanan video high-definition (HD).

“TD-LTE merupakan salah satu standar global yang penting sebagai jalur evolusi untuk jaringan 3G TD-SCDMA China Mobile, serta opsi untuk para operator lain di dunia yang memiliki unpaired spectrum,” kata Byuk-Duck Cho, Executive Vice President R&D Center Samsung, dalam keterangan resminya, Selasa (4/5).

Head of NSN Marc Rouanne menegaskan kesiapan komersial global pihaknya untuk menggelar layanan TD-LTE yang diperkirakan akan berlangsung pada semester kedua 2010.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar