Selasa, 18 Mei 2010

Telkom Hadirkan Solusi Korporasi Komplit

PT TELEKOMUNIKASI Indonesia Tbk (Telkom), makin serius menggarap bisnis Information Communication Technology (ICT) berbasis korporasi. Tahun ini, tepatnya 5 Mei 2010, menjadi pertanda 10 tahun Telkom melayani korporasi di Indonesia.

Pekan lalu, Rabu (12/5) Telkom mengadakan seminar dan pameran bertema ‘10 Tahun Telkom Mentransformasi ICT Korporasi di Indonesia’. Acara tersebut menghadirkan tiga agenda penting, yaitu penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) Telkom dengan Telkomsel, penyerahan sertifikat ISO 9001:2008 dan launching Telkom Cloud.

Vice President Public and Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan update informasi dan meningkatkan awareness layanan Telkom Solution kepada Corporate Customer. “Seminar kali ini memilih tema yang diharapkan mampu memberi manfaat maksimal kepada Corporate Customer,” kata Eddy di Jakarta, akhir pekan lalu.

Para pembicara antara lain, Direktur IT & Suply Telkom Indra Utoyo, Presiden PT Microsoft Indonesia Sutanto Hartono dan penamat ICT Eko Indrajit. Acara tersebut dihadiri Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah dan Direktur Enterprise & Wholesale Arief Yahya.

Selain seminar, pada acara itu juga diluncurkan Layanan Cloud Computing yang merupakan sinergi antara Telkom dan Microsoft. Eddy mengatakan, terhitung sejak 7 April 2010, PT Microsoft Indonesia dan Telkom sepakat mempercepat penetrasi teknologi bagi bisnis di Indonesia, dengan meluncurkan IT Services berbasis Cloud Computing.

Cloud Computing adalah solusi ICT melalui mekanisme yang memungkinkan user/customer menyewa layanan ICT. Sedangkan pengelolaan infrastuktur, platform, maupun aplikasi IT Service dilakukan Provider. Pelanggan tak perlu berinvestasi lagi, sehingga simple dan lebih efisien. Pengembangan bisnis Cloud Computing dalam arti luas meliputi, Infrastructure as a Service (IAAS), Platform as a Service (PAAS), sampai kepada Software as a Service (SAAS) yang dideliver melalui cloud yang aman (trusted).

Pada kesempatan itu juga, Telkom dan Telkomsel (anak usaha Telkom) menandatangani pemasaran bersama untuk sejumlah produk kedua perusahaan itu. Produk Telkomsel antara lain Kartu Halo Corporate, Mobile VPN, Telkomsel Flash, BlackBerry, dan Bulk Data Package. Sedangkan produk Telkom antara lain Astinet, Dinaccess, VPN IP, Speedy, Ventus, Metro Ethernet, dan Fixed Wire Line (POTS).

“Dengan sinergi itu, semua kebutuhan pelanggan corporate, baik solusi fixed maupun mobile dapat dipenuhi kedua perusahaan itu,” kata Eddy.

Raih ISO 9001:2008

Pada kesempatan itu, Telkom melalui Divisi Enterprise berhasil memperoleh ISO 9001:2008 yang menitikberatkan pada peningkatan kinerja yang sistematis, terukur dan berkesinambungan (continual improvement process). Ini untuk memberikan performance excellence, khususnya kepada para Corporate Customer.

Untuk memastikan proses bisnis Telkom Enterprise sudah sesuai dengan persyaratan standar internasional, pada akhir Desember 2009 telah dilakukan audit oleh TUV Rheinland sebagai auditor external yang berhasil diraih terus menerus sejak tahun 2006. Hal tersebut sebagai perwujudan dari misi yang diemban oleh Telkom untuk menjadi Role Model as the Best Managed Indonesion Corporation.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar