Kamis, 27 Mei 2010

Pengembang Konten Lokal Go International

PENGEMBANG konten web lokal mulai menunjukkan kapasitasnya pada dunia internasional. Sebanyak tujuh pengembang web lokal terpilih mewakili Indonesia di ajang konperensi teknologi web se-Asia, Echelon 2010. Salah satunya, Koprol, bahkan telah dibeli Yahoo.

Tujuh web lokal tersebut terdiri dari Urbanesia, Collaborative E-Business System (CES), BukuQ, Evolitera, Krazymarket, Koprol, dan Tokopedia. Utusan Indonesia ini akan mewakili industri lokal di ajang yang berlangsung pada 1-2 Juni 2010 di Singapura.

Tren dan perkembangan startup dan lanskap mobile di Indonesia menjadi salah satu topik yang dibahas dalam Echelon 2010. “Diangkatnya perkembangan startup Indonesia sebagai topik dan terpilihnya Urbanesia sebagai eksibitor di Echelon 2010 menandakan semakin diakuinya potensi industri web lokal Indonesia di dunia internasional,” kata Selina Limman, CEO & Managing Director Urbanesia.com, dalam keterangan resminya, Selasa (25/5).

Pada acara ini, Urbanesia akan memamerkan fitur-fitur unggulan seperti web 2.0 yang memungkinkan pengguna berbagi pengalaman dan menciptakan konten yang dikembangkan oleh pengguna. Portal web gaya hidup berbasis direksi geografis perkotaan ini menyediakan media promosi bagi para pemilik bisnis untuk membuat profil bisnis secara lebih informatif dan terkostumisasi. Fitur review dan testimoni langsung dari pengunjung Urbanesia menjadi modal promosi yang dapat membantu pemilik bisnis memperkenalkan produk atau jasanya.

Portal Urbanesia.com tercatat di posisi 273 di antara website Indonesia lainnya dalam situs Alexa.com per tanggal 25 Mei 2010. Sedangkan untuk peringkat dunia, Urbanesia berada di urutan ke 23.853.

“Dengan adanya lebih dari 200 ribu database direktori di Urbanesia.com, kami berharap dapat memperkaya konten lokal yang kini semakin dibutuhkan seiring dengan perkembangan teknologi dan internet yang begitu cepat,” jelas Selina.

Chief Technology Officer Urbanesia.com Natali Ardianto melihat Echelon 2010 dapat menjadi kesempatan untuk merangkul dukungan dari berbagai pihak guna membentuk komunitas khusus yang nantinya akan mewadahi dan menentukan standar bagi semua startup lokal di Indonesia.

Koprol Siap Mendunia

Dalam kesempatan terpisah, Yahoo Inc mengumumkan akuisisi 100% saham Koprol.com. Dengan demikian, portal milik anak bangsa ini akan sepenuhnya didukung sumber daya Yahoo dalam pengembangan dan pemasaran.

“Kami masih akan fokus dengan pasar lokal dengan dukungan server di pusat data Internetindo Data Centra di Jakarta,” papar Satya Witoelar, Chief Creative Officer Koprol.com, kepada wartawan di Jakarta, Selasa (25/5).

Satya mengakui mendapat banyak tawaran dari sejumlah investor yang tertarik dengan konsep bisnis Koprol yang mengandalkan lokasi geografis dalam jejaring sosial. “Kami mencari cara untuk terus berkembang, dan Yahoo mampu memberikan solusi yang paling kami butuhkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Vice President & Managing Director Yahoo Asia Tenggara Yvonne Chang mengatakan potensi pengguna media sosial berbasis lokasi geografis di Indonesia cukup besar. Hingga kini, Koprol telah memiliki sekitar 75 ribu akun pengguna. Sedangkan, pengguna Yahoo di dunia saat ini sudah mencapai 600 juta.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar