Senin, 10 Mei 2010

XL Agresif dengan Layanan Data

PT XL Axiata Tbk menjadi operator dengan optimalisasi layanan data paling maksimal. Pada 2009, layanan data menyumbangkan kontribusi 7% terhadap total pendapatan perusahaan.

“Sampai akhir Maret 2010, bisnis layanan data XL tumbuh hingga 350% untuk year-on-year,” kata Direktur Komersial XL Joy Wahyudi di sela peluncuran XL Mobile Video Service di Jakarta, Jumat (7/5).

Pada kuartal I 2010, tercatat sebanyak 32,6 juta pelanggan XL dengan 12,4 juta di antaranya mengakses layanan data. Layanan ini didukung sekitar 19,9 ribu infrastruktur base transceiver station (BTS 2G/3G) yang diklaim mencakup lebih dari 90% populasi Indonesia.

Secara keseluruhan, penetrasi layanan data ponsel di Indonesia masih minim, yaitu sekitar 30-35% dari total pengguna seluler. Melihat peluang yang masih terbuka lebar, XL menargetkan peningkatan pemasukan dari layanan data hingga 10% pada tahun ini.

Salah satu strateginya, XL melengkapi layanan selulernya dengan XL Mobile Video Service. Layanan ini memudahkan pelanggan mencari dan memutar video di ponsel dengan tarif murah.

Pelanggan dapat memanfaatkan ponsel dengan akses minimum GPRS dan aplikasi pemutar video untuk mengakses melalui vuclip.com. Bagi pelanggan internet dan pengguna GPRS biasa, tarif berlangganan yang dikenakan adalah Rp550/hari ditambah tarif GPRS Rp0,5/kb.

Pelangan dapat menggunakan Wap Browser dan mengetik kata kunci dari video di vuclip.com. Ketika video ditemukan, pelanggan dapat memutarnya setelah menekan tombol persetujuan untuk membayar.

General Manager Marketing Mobile Content & VAS XL Roberto S Kumaraswamy mengklaim layanan pemutar video ini dapat digunakan pada 60% ponsel yang beredar di Indonesia. Layanan ini disediakan PT Numedia Global yang merupakan mitra lokal dari penyedia layanan pencarian video VuClip.

Selain itu, XL juga menawarkan Paket Unlimited untuk situs jejaring sosial Facebook. Layanan ini mempermudah pelanggan mengakses semua fungsi Facebook termasuk untuk mengunggah foto. Tarif yang dikenakan masing-masing adalah Rp550/hari, Rp2.750/7 hari, dan Rp8.800/30 hari.

XL juga memperkaya kontennya dengan menggaet layanan komunitas chatting Mig33. Untuk mendapatkan layanan ini, pelanggan dikenai tarif yang sama dengan tarif berlangganan Facebook.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar