Rabu, 11 November 2009

Empat Operator Jualan Gemini Bersama

SURABAYA - Empat operator telekomunikasi di Indonesia yang jadi mitra Research In Motion (RIM) berpadu memasarkan BlackBerry Gemini di Surabaya. Keempat operator itu, Telkomsel, Indosat, XL, dan Axis, menggelar pameran bersama pada 9-15 November di Tunjungan Plaza Surabaya.

"Even semacam ini baru pertama kali digelar. Tujuannya untuk mengarahkan agar konsumen membeli produk dari dealer resmi operator mitra RIM," kata Manager Marketing Telkomsel Area Jawa Bali Roeswandi di sela road show Life in the Fun Lane di Surabaya, Selasa (10/11).

Dia mengatakan, saat ini banyak handset BlackBerry yang dijual melalui jalur non-distributor resmi dengan harga yang tak terlalu berbeda. Operator yang menjadi dealer resmi memberikan garansi dan kualitas produk yang bisa dipertanggungjawabkan, tapi non-distributor resmi tidak memberikan jaminan apa-apa.

"Konsumen akan semakin banyak mendapatkan keuntungan jika membeli di operator. Untuk itu, operator perlu terus mengedukasi masyarakat karena demam BlackBerry cukup tinggi khususnya seri Gemini yang menyasar segmen menengah," kata dia.

Sementara itu, Vice President Area Jawa Bali Telkomsel Gilang Prasetya menjelaskan, pihaknya menargetkan bisa menjual 2.000 unit BlackBerry Gemini dalam seminggu di dua pameran, yakni pada 7-15 November di World Trade Center, dan pameran bersama empat operator di Tunjungan Plaza 9-15 November. Selain itu, Telkomsel juga berencana menggelar roadshow BlackBerru Gemini di beberapa kota di Jateng, Jatim dan Bali.

Dia menilai, ceruk pasar smartphone masih sangat besar kendati banyak operator yang masuk ke pasar tersebut. Optimisme ini didukung adanya perkiraan harga BB akan semakin terjangkau dengan adanya perkembangan teknologi terbaru. “Pelan tapi pasti, harga akan terkoreksi sehingga makin terjangkau dari segmen menengah,” katanya.

Sementara itu, Manager Corporate Direct Sales PT Indosat Tbk Judi Asianto mengatakan, pihaknya sangat mendukung pameran bersama ini. Dalam pameran bersama tersebut Indosat merilis paket bundling BlackBerry Storm dan Gemini seharga Rp 7,3 juta. Sedangkan bila membeli Gemini saja, harganya Rp 3,5 juta dan mendapat bonus pulsa Matrix sebesar Rp 200 ribu.

"Pameran bersama bagi Indosat tidak masalah karena masing-masing menawarkan gimmick dan paket yang berbeda. Soal harga, itu tergantung pelanggan," jelas Judi.

Indosat tidak menetapkan target penjualan dalam pameran bersama itu, melainkan lebih pada penekanan sosialisasi produk BlackBerry kepada pelanggan.

Sedangkan Manager Management Service PT Exelcomindo Pratama Tbk East Area Martono berpendapat, pameran bersama itu sangat bagus untuk menyadarkan calon pembeli agar memilih produk resmi dan bukan katagori black market (BM). "Saya kira, persaingan bisnis layanan BlackBerry antar-operator saat ini bukan pada pricing, tapi pada layanan dan benefit yang diberikan kepada pelanggan," kata Martono.

Khusus selama pameran itu, XL mematok harga BlackBerry Gemini paling murah dibanding operator lain, yakni Rp 2,999 juta. Selain itu, XL juga menawarkan asuransi selama setahun plus free upgrade software selama setahun di seluruh XL Xperience Land di Indonesia.

Pelanggan bisa mendapatkan Gemini XL seharga Rp 2,999 juta bila di-bundling dengan langganan XL Priority.

Hingga Oktober lalu, XL berhasil meraih pelanggan BlackBerry 200 ribu, yang merupakan target hingga akhir 2009. Sedangkan Indosat mengklaim sudah memiliki 200 ribu pelanggan dan Telkomsel baru 180 ribu pelanggan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar