Senin, 23 November 2009

Yahoo Segera Buka Kantor di Jakarta

JAKARTA – Yahoo segera membuka kantor perwakilan di Jakarta pada tahun depan, karena melihat potensi pertumbuhan bisnis internet yang besar di Indonesia. Yahoo juga sudah membagikan selebaran informasi 20 jenis lowongan pekerjaan di Jakarta.

“Kami sangat optimis industri internet di Indonesia akan tumbuh pesat karena skala negara ini sangat besar yang tidak dimiliki negara-negara lain di Asia Tenggara,” kata Senior Director for Business Development Indonesia dan Country Lead Yahoo Southeast Asia Pontus Sonnerstedt di sela Yahoo Open Hack Day di Jakarta, Sabtu (21/11).

Perusahaan yang dipimpin Carol Bartz ini mencari karyawan untuk mengisi pos-pos teknikal maupun non teknikal, seperti Developer Network, Software Engineer, Regional Project Manager, Account Manager, Business Development, sampai Editorial.

Yahoo mengklaim, 76% masyarakat Indonesia mengakses halaman muka Yahoo. Sedangkan, 75% memanfaatkan Yahoo Mail dan 66% menggunakan fasilitas Yahoo Search. “Dominasi pengguna Yahoo Messenger pun masih sangat besar, yakni 84%,” kata dia.

Pontus mengungkapkan, Yahoo ingin hadir di Indonesia dan mencari ‘teman’ di area lokal supaya dapat lebih dikenal masyarakat. Harapan tersebut disambut baik oleh para pengembang konten web lokal yang berharap dapat membesarkan bisnisnya dengan bantuan Yahoo.

Situs Koprol

Pengembang lokal dapat menyebarluaskan aplikasinya lewat koneksi jutaan pengakses Yahoo di seluruh dunia. Namun, Yahoo membuka kesempatan kepada perusahaan besar untuk menjalin kerja sama.

Salah satu konten lokal yang kini menjalin kerja sama dengan Yahoo adalah situs jejaring sosial berbasis lokasi, Koprol. Situs yang dikembangkan SkyEight ini memiliki keunikan, yakni lokasi pengguna dapat ditampilkan. Situs yang telah dicoba sejak awal 2009 ini berpotensi untuk menjadi ruang promosi untuk usaha lokal karena berbasis lokasi.

“Kami bisa mengakomodasi bisnis-bisnis kecil yang ingin berpromosi pada lingkup tertentu,” kata Satya Witoelar, Chief Creative Officer SkyEight.

Walaupun masih dalam tahap Beta, Koprol sudah berhasil mengakuisisi sekitar 12 ribu pengguna di Indonesia maupun mancanegara. Chief Executive Officer SkyEight Fajar Budiprasetyo mencanangkan akan memfinalisasi situs Koprol pada awal 2010.

Open Hack Day

Selama dua hari (21-22 November 2009), Yahoo menggelar Open Hack Day yang mengumpulkan hampir 400 pengembang konten web se-Asia Tenggara. Pengembang mancanegara dari Singapura, Malaysia, Filipina dan Vietnam ikut bergabung.

“Yahoo berkomitmen untuk memacu pertumbuhan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan industri internet di Indonesia dengan berbagi lebih banyak praktek terbaik serta mendukung ekosistem yang telah ada,” kata Pontus.

Penyelenggaraan Open Hack Day juga menunjukkan besarnya potensi Indonesia di mata perusahaan raksasa ini. “Saya sudah ke Indonesia sejak tahun lalu. Kami tahu persis seberapa cepatnya perkembangan internet dan banyaknya ruang untuk berkembang di Indonesia,” kata Pontus.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar