Kamis, 26 November 2009

HP Kuasai Kuartal III, Acer Pimpin Tiga Kuartal

JAKARTA –Hingga kuartal III 2009, penjualan komputer (PC) di Indonesia mencapai 2,25 juta unit dan diperkirakan menjadi tiga juta unit pada akhir tahun ini serta menjadi 3,8 juta pada 2010. Pada kuartal III (Juli-September) 2009, HP memimpin, tapi Acer masih menjadi raja untuk tiga kuartal (Januari-September) 2009 ini.

“Angka (pengapalan PC hingga 2010) itu menempatkan pasar PC di Indonesia sebagai yang terbesar di Asia Tenggara,” kata Market Analyst IDC Indonesia Andi Handoko dalam acara HP Media Gathering di Jakarta, Rabu (25/11).

Analis pasar dari lembaga riset independen itu dengan gamblang menyebut HP sebagai penguasa pasar PC di Indonesia pada kuartal III 2009 (Juli-September). Namun, Andi tidak menjelaskan posisi per kuartal III (Januari-September) 2009.

Andi menyebutkan, pada periode tiga bulan itu, HP merajai pasar PC Indonesia pada hampir semua kategori produk PC. Yakni, untuk kategori consumer desktop HP menguasai pangsa pasar 16,6%, commercial desktop (10,1%) dan commercial portable atau notebook segmen komersial (43,8%). Sedangkan Acer masih merajai kategori consumer portable (notebook segmen ritel) dengan pangsa 27,5%.

Andi mengatakan, total pengapalan PC selama kuartal III (Juli-September) 2009 hampir 900 ribu unit PC, dan total pengapalan selama sembilan bulan (Januari-September 2009) mencapai 2,25 juta.

Managing Director HP Indonesia untuk divisi Personal System Group (PSG) Megawaty Khie mengatakan, penjualan PC HP pada kuartal III ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Hal itu tidak hanya terjadi di Jakarta, juga di luar luar Jakarta dan bahkan di luar pulau Jawa. “Saat ini pangsa pasar HP di luar Jakarta mencapai 70%,” kata Megawaty.

Menurut Megawaty yang mantan country manager Dell Indonesia itu, sukses ini tidak lepas dari strategi HP melebarkan sayap bisnisnya ke daerah-daerah. Inilah yang memicu pertumbuhan penjualan PC HP di Indonesia. “Optimalisasi pelayanan kepada konsumer telah kami tunjukkan dengan tersedianya 40 service center HP di 37 kota di Indonesia,” kata Megawaty.

Menurut Andi, ada 15 kota di luar Jakarta yang berkontribusi terhadap pertumbuhan penjualan PC di Indonesia. Kota-kota tersebut di antaranya adalah Bandung, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Pekanbaru, Makasar, Banjarmasin, dan Samarinda.

Acer Masih Memimpin

Sementara itu, Head of Marketing Communication Departement Acer Indonesia Helmy Anam mengatakan, pihaknya tenang-tenang saja dengan klaim HP yang didukung analis IDC itu. “Data yang mereka sebut itu kan hanya untuk kuartal III saja atau periode tiga bulan saja. Tapi Acer masih pemimpin pasar untuk periode Januari-September 2009 dengan pangsa 29,5%,” kata Helmy.

Jadi, Helmy sekali lagi menegaskan, data IDC itu hanya menyebutkan bahwa HP hanya unggul pada kuartal III 2009 saja, yakni untuk penjualan PC selama Juli-September 2009 saja. “Tapi penjualan PC dari Januari sampai September 2009, kami masih market leader, kok,” kata Helmy.

Acer, kata Helmy, akan berupaya mempertahankan kepemimpinan pada pasar PC Indonesia. Saat ini Acer gencar memasarkan produk inovatif, terutama notebook dengan mengeluarkan Touch Series dan Ferrari One.

Notebook Lampaui Desktop

Selain itu, Andi juga mengungkapkan data IDC bahwa persentase penjualan notebook telah melampaui desktop dengan perbandingan 60:40 pada kuartal III 2009. ‘Keperkasaan’ notebook atas desktop itu sebenarnya telah terlihat sejak kuartal II 2009 dengan porsi notebook mencapai 53,69%.

"Hal tersebut karena kini selera konsumen sedikit berubah. Desktop yang dulu sebagai alat kerja kini menjadi kebutuhan. Notebook juga demikian, yang dulu masih termasuk barang mahal, kini menjadi lifestyle," kata Andi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar