Sabtu, 21 November 2009

Telkom Rampungkan Kabel Serat Optik di Suramadu

SURABAYA - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) telah menyelesaikan pengerjaan jaringan 96 core kabel serat optik di Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu). Ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas layanan akses internet Speedy di Pulau Madura.

Executive General Manager Telkom Divisi Regional V Jatim Mohammad Warif Maulidy mengatakan, kecepatan akses Speedy di Madura telah mencapai 3 megabit per detik (Mbps), dari sebelumnya hanya berkecepatan 384 kilobit per detik (kbps).

"Layanan Speedy di Madura kini dapat diandalkan untuk melayani kebutuhan internet kecepatan tinggi, bukan hanya bagi pelanggan retail, tetapi juga bagi kawasan industri yang belakangan ini mulai berkembang di Madura," kata Wrif di Surabaya, akhir pekan lalu.

Warif menjelaskan, jaringan backbone yang menghubungkan wilayah Madura dan Surabaya, sebelumnya menggunakan radio microwave yang kemampuan mentransfer datanya sangat terbatas. "Dengan selesainya pengerjaan kabel serat optik itu, persoalan bandwidth di Madura sudah tertangani," ujarnya.

Ia menambahkan setelah selesainya pembangunan jaringan serat optik di wilayah Madura, saat ini Telkom dapat mengirimkan layanan Telecommunication, Information, Media, dan Edutainment (TIME) sesuai dengan portofolio produk sesuai brand yang baru diluncurkan.

Hingga saat ini, Telkom memiliki sekitar 6.300 pelanggan Speedy di wilayah Madura. "Untuk mempercepat penetrasi Speedy di Madura, kami juga akan meluncurkan paket Speedy komunitas untuk guru sebagai persembahan Telkom bagi dunia pendidikan di wilayah tersebut," ujar Warif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar