Kamis, 17 Desember 2009

2010, Notebook Penggerak Penjualan PC

JAKARTA-Notebook diperkirakan masih menjadi primadona dalam penjualan komputer (PC) pada 2010. Untuk itu, vendor PC seperti Acer dan Hewlet Packard (HP) akan bersaing ketat merebut pasar notebook yang menurut perkiraan Internasional Data Coorporation (IDC) jumlahnya akan mencapai 2,45 juta unit pada 2010.

Presdir Acer Indonesia Jason Lim optimistis, penjualan notebook Acer akan mampu tumbuh hingga 40% pada tahun depan. Optimisme ini didukung data IDC kuartal III 2009, Acer menduduki posisi pertama dengan market share 27,6% disusul HP 26,5%, Toshiba 10,4%, Dell 6,9%, dan Lenovo 4,1%. Posisi tersebut juga tidak mengalami perubahan yang berarti pada kuartal IV, Acer 29,5 %, 21%, Toshiba 11%, Dell 4,7%, dan Lenovo 4,2%.

"Secara rata-rata tahun ini untuk notebook, kami tumbuh 29,5%," kata Jason di acara workshop Acer di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Selasa (15/12).

Dia mengakui, penjualan PC pada semester I 2009 sempat anjlok karena krisis global. Namun pada semester II ini, penjualan komputer di Tanah Air sudah kembali pulih. "Bahkan bisa tumbuh cukup baik," kata dia.

Kondisi perekonomian Indonesia yang cukup baik menjadikan Indonesia sebagai pasar yang paling potensial di Asia Tenggara. Jason begitu yakin, pada tahun depan penjualan notebook Acer bakal tumbuh 40%. Untuk merealisasikannya, vendor asal Taiwan ini akan meningkatkan lini penjualan dengan menambah kantor baru yang sebelumnya ada di 10 kota menjadi 16 kota. Selain itu, layanan sales service juga akan diperluas dari enam kota, menjadi 10 kota pada 2010.

Pada 2010, kata dia, Acer masih tetap melayani seluruh segmen sesuai dengan moto perusahaan breaking the barrier betwen people and technology. Namun demikian, dia memperkirakan, pertumbuhan penjualan notebook dengan kisaran harga Rp 4 - 6 juta akan lebih baik dibanding notebook tipe lain.

"Kami akan menyiapkan notebook dengan harga yang tidak terlalu mahal, tetapi dengan teknologi terkini,” kata dia.

Di tempat terpisah, Managing Director Personal System Group HP Megawaty Khie menyatakan, notebook masih akan jadi primadona pada 2010. Pertumbuhan notebook year on year pada tahun ini mencapai 241%. Kondisi ini membuat HP optimistis bisa meraih pimpinan pasar notebook tahun depan.

Dia mengutip laporan IDC bahwa khusus pada kuartal III 2009, HP unggul pada kategori consumer desktop, commercial desktop, dan commercial portabel. Namun untuk coomercial notebook posisi Acer belum tergoyahkan.

"Kami optimistis dengan hadirnya produk baru dan pemasaran yang ditingkatkan bisa meraih posisi pimpinan pasar notebook," jelas dia.

HP akan memperluas pemasaran tidak hanya di Jabodetabek, tapi juga di daerah potensial lain, seperti Surabaya, Medan, Makassar dan kota besar lainnya. Upaya ini tidak sia-sia, karena pasar di daerah cukup antusias merespons produk-produk HP. Hal ini tidak terlepas dari makin baiknya koneksi internet.

"Sekarang ini 75% revenue HP berasal dari penjualan di daerah. Antusiasme mereka cukup tinggi terhadap produk HP, khususnya notebook," ujar Megawaty.

Secara umum, Megawaty yang mantan Country Manager Dell Indonesia itu melihat penjualan PC pada 2010 cukup menjanjikan. Berdasarkan data IDC, pengapalan PC ke Indonesia mencapai 3,8 juta unit pada 2010. Salah satu pendorong pertumbuhan pasar PC itu tak lain adalah consumer product.

"Peluang ini harus dimanfatkan oleh HP, apalagi kami cukup kuat pada consumer desktop, commmercial desktop, hingga commercial portabel," kata dia.

Bahkan, untuk segmen notebook premium, kata dia, HP juga akan serius menggarapnya tahun depan. "Pangsa pasarnya premium memang cuma 5 % tetapi potensinya cukup bagus dan tidak banyak pemainnya," kata dia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar