Selasa, 22 Desember 2009

2010, Pelanggan Speedy Naik 100%

JAKARTA – Pelanggan Speedy hingga akhir 2009 mencapai 1,1 juta atau lebih rendah dari target yang ditetapkan sebanyak 1,2 juta. Pada tahun depan, manajemen Telkom optimistis, pelanggan Speedy bisa naik dua kali lipat menjadi 2,2 juta.

Head of Digital Bussiness PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Widy Nugroho mengatakan, jumlah pelanggan Speedy di penghujung tahun ini mencapai 1,1 juta, dan 420 ribu pelanggan di antaranya berada di daerah Jadebotabek.

"Tahun depan, pelanggan Speedy kami targetkan jadi 2,2 juta," kata Widy Nugroho di Jakarta, akhir pekan lalu.

Telkom terus berusaha meningkatkan layanan akses internet berkecapatan tinggi, Speedy. Apalagi saat ini jaringan Speedy telah hadir di 265 kota di seluruh Tanah Air.

Pada tahun lalu, Telkom meningkatkan kecepatan akses internet dari up to 384 kilobit per detik (Kbps) menjadi up to 1 megabit per detik (Mbps). Setelah itu, pada April 2009, Telkom menawarkan tujuh jenis paket layanan Speedy yang menggantikan paket Speedy sebelumnya. Paket terbaru itu diberi nama Speedy Multi Speed dengan tujuh pilihan paket.

Pada saat meluncurkan Speedy Multi Speed pada April 2009, Vice President Public and Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia mengatakan, pelanggan Speedy telah mendekati satu juta dan Telkom telah menggelar 1,8 juta line Speedy di seluruh Nusantara. Oleh karena itu, pada akhir tahun 2009, Telkom optimistis bisa mencapai target 1,7 juta pelanggan.

Namun, dalam laporan keuangan semester I 2009, manajemen Telkom mengumumkan pelanggan Speedy cuma 816 ribu atau lebih rendah dari posisi akhir 2008 yang sekitar 970 ribu. Dengan kondisi itu, manajemen Telkom mengubah target pelanggan Speedy menjadi 1,2 juta.

Sejatinya dengan Paket Speedy Multi Speed, manajemen Telkom amat optimistis karena pelanggan bisa memilih paket sesuai dengan kebutuhan dan kesanggupan dengan biaya berlanggan mulai dari Rp 75 ribu hingga Rp 1,695 juta per bulan. Dengan paket terbaru itu, Telkom tidak hanya menyasar segmen rumah tangga, juga segmen eksekutif dan korporasi serta komunitas penggemar game.

Akhir pekan lalu, Telkom meluncurkan layanan Speedy Game, yang merupakan layanan konten game online. Speedy Game itu telah menyediakan 130 jenis game. "Kami menargetkan 20% dari total pelanggan (Speedy) kami datang dari komunitas game online," kata Direktur Konsumer Telkom I Nyoman G Wiryanata di Jakarta, Sabtu (20/12).

Sementara itu, Telkom Divre V Jawa Timur terus memperkuat penetrasi Speedy, terutama menggarap potensi pelanggan di kota-kota di luar Surabaya. Di wilayah ini ada lima area, yakni Surabaya Barat, Surabaya Timur, Malang, Madiun dan Jember. Meski demikian, kota-kota lain, seperti Bojonegoro, Ponorogo, Tulungagung, Ngawi, Trenggalek, Tuban, Magetan, Lamongan, Kediri, Tulungagung dan kota lain juga digarap.

Senior Manager Marketing & Sales Divre V Jatim Gatot Indra mengatakan, dari total 900 ribu pelanggan Speedy secara nasional, kontribusi dari Jatim sekitar 210 ribu pelanggan atau separuh dari pelanggan Speedy di Jadebotabek.

Untuk meningkatkan penetrasi Speedy di Jatim, akhir Oktober lalu, Telkom meresmikan Speedy Centre pertama di Jatim. Di wilayah ini akan dibangun empat Speedy Centre, yakni di Surabaya, Malang, Madiun, dan Jember. Speedy Center itu, menurut Nyoman, akan menjadi momentum untuk terus memperkuat penetrasi pasar Speedy, khususnya di Jatim.

Paket Speedy Multy Speed

Tipe Paket Speedy

Kecepatan

Biaya Bulanan

Tarif Kelebihan Kuota

Paket Mail

Up to 1 Mbps

Rp 75.000

Rp 75/menit

Paket Chat

Up to 1 Mbps

Rp 145.000

Rp 25/menit

Paket Family

Up to 384 Mbps

Rp 195.000

Paket Load

Up to 512 Mbps

Rp 295.000

Paket Game

Up to 1 Mbps

Rp 645.000

Paket Executive

Up to 2 Mbps

Rp 995.000

Paket Biz

Up to 3 Mbps

Rp. 1.695.000

Sumber: PT Telkom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar