Rabu, 02 Desember 2009

Telkomsel Segera Hadirkan HSPA+ di 24 Kota

SURABAYA - Telkomsel meluncurkan program Next Generation Flash di 10 kota hingga akhir tahun ini. Layanan ini akan dihadirkan di 24 kota yang kini telah mengakses layanan 3G.

Head of Broadband Task Force Telkomsel Agus Wicaksono mengatakan, Next Generation Flash adalah layanan akses internet nirkabel berteknologi high speed packet access (HSPA) plus (+) yang dapat mengantarkan data berkecepatan hingga 21 megabit per detik (Mbps).

“Sepuluh kota yang sudah bisa menikmati layanan internet berkecepatan tinggi itu adalah Jakarta, Yogyakarta, Semarang dan Surabaya. Sebentar lagi Medan menyusul. Sedangkan kota lain, seperti Solo, Malang, Denpasar, Makassar, dan Mataram segera,” kata dia di Surabaya, Senin (30/11).

Agus mengatakan kebutuhan akan layanan data terus melonjak. Ini mengharuskan Telkomsel mempersiapkan jaringannya dengan akses yang lebih cepat lewat HSPA+ lebih dini. Selain itu, operator seluler terbesar di Tanah Air itu bakal menguji coba teknologi Long Term Evolution (LTE), teknologi generasi keempat (4G), yang diharapkan bisa menghantarkan data berkecepatan hingga 100 Mbps.

"Tuntutan kebutuhan pelanggan akan data disikapi Telkomsel dengan maksimalisasi jaringan yang memadai. Walau operator lain belum memulai, bagi Telkomsel, itu tidak masalah. Karena, ke depan, data menjadi kebutuhan yang tidak kalah dengan voice ataupun SMS," kata Agus.

Vice President Telkomsel Area Jawa-Bali Gilang Prasetya mengatakan, potensi pelanggan data akan sangat besar di masa depan. “Indikasinya, pertumbuhan pelanggan data naik signifikan secara nasional ataupun di area Jawa Bali," jelas dia.

Pada 2008, pelanggan data Telkomsel (Flash unlimited) baru 200 ribu, kini jumlah telah meningkat menjadi 1,4 juta pelanggan, dan 300 ribu di antaranya berada di area Jawa Bali.

Gilang mengatakan, layanan HSPA+ di Surabaya sudah siap di 53 titik lokasi node B dari 600 unit yang tersebar di Jatim. Jumlah coverage akan terus ditambah sesuai kebutuhan dan permintaan pasar.

Next Generation Flash merupakan babakan baru layanan mobile broadband di Tanah Air. Telkomsel melangkah lebih dahulu untuk terus menggenjot pertumbuhan new business. “Strategi ini juga satu bagian besar dari business plan untuk tetap menjaga posisi sebagai market leader,” ujar Gilang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar