Kamis, 31 Desember 2009

IPTV Telkom Tunggu Izin Menteri

TELKOMVISION telah mengakhiri uji coba siaran televisi berbasis internet (IPTV). Hasil ujicobanya telah diserahkan pada Depkominfo untuk mendapatkan izin penyiaran. Sambil menunggu perizinannya, Telkomvision mencari momentum tepat untuk me-launching-nya sehingga pasar menyambutnya dengan antusias.

"Momentum itu yang masih kami cari. Tapi optimisme kami untuk tetap launching IPTV pada 2010," kata Presiden Direktur/CEO PT Indonusa Telemedia Elvizar di Jakarta, Rabu (30/12). Momentum menjadi problem khusus dari launching IPTV, meski bukan soal buat para calon pelanggan.

Menurut Elvizar, jumlah pelanggan YesTV telah mencapai 200 ribu. Dalam dua bulan masa kepemimpinannya, Oktober-November 2009, jumlah pelanggan YesTV naik 38%. Tahun depan, pelanggannya diharapkan naik dua kali lipat menjadi 400 ribu. “Kami harapkan pelanggan IPTV bisa 20% dari pelanggan payTV,” kata dia.

Indonesia yang berpenduduk 250 juta, menurut dia, tidak terlalu sulti untuk merealisasikan target itu. "Negara tetangga saja bisa dapat 30 juta pelanggan. Kami harus kerja keras lagi untuk mendapatkannya," kata Elvizar.

Dihubungi terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Dirjen Sarana Komunikasi dan Diseminasi Informasi (SKDI) Bambang Subiantoro mengatakan, uji coba IPTV Telkom sudah rampung. Dan, operator tersebut sudah mengajukan perizinan untuk siarannya.

"Tunggu Bapak Menteri untuk menandatanganinya. Setelah itu dia bisa siaran," kata dia.

Dari segi regulasi pun sudah siap. Dengan begitu, Depkominfo optimistis IPTV sudah bisa mengudara pada tahun depan.

Gandeng Daihatsu

Operator televisi berbayar YesTV bersama PT Astra Daihatsu Motor menjalin aliansi strategis untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness masing-masing perusahaan. Yakni, pembeli mobil Daihatsu Luxio atau Sirion mendapat bonus gratis berlangganan YesTV selama satu tahun.

Elvizar mengatakan, bonus itu berlaku bagi pembeli yang membeli secara kredit minimal bertenor dua tahun dan hanya di kota Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar, Medan, Makassar, serta Manado).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar