Selasa, 26 Januari 2010

2010, Fuji Xerox Jual 23 Ribu Printer

FUJI Xerox menargetkan bisa menjual printer laser sebanyak 23 ribu unit pada tahun ini di Indonesia atau meningkat dibanding penjualan tahun lalu yang mencapai 22 ribu unit. Saat ini, usaha patungan antara Fujifilm Holdings Corp dan Xerox Corp ini menguasa pangsa pasar 17% per kuartal III 2009, dan masih di bawah Hewlett Packard (HP).

General Manager Asean Fuji Xerox Vincent Sim mengatakan pangsa pasar printer Fuji Xerox di Indonesia pada 2009 sebesar 17% di bawah HP. Tahun lalu penjualan sebanyak 22 ribu unit, dan 15 ribu di antaranya adalah multifunction printer (MFP).

“Kami membidik tiga segmen konsumen utama, yaitu customer, small medium business (SMB), dan enterprise dengan menyuguhkan varian printer yang lengkap,” kata Sin di sela peluncuran produk WorkCentre di Jakarta, Kamis (21/1).

Fuji Xerox, kata Sin, juga telah menyiapkan tiga strategi utama yang terletak pada sasaran produk, channel distribusi, dan layanan purnajual. “Kami juga akan meningkatkan kualitas layanan purnajual kepada konsumen,” jelas Sin.

Sementara itu, Country Sales Manager Fuji Xerox Indonesia Teddy Susanto mengatakan, secara keseluruhan produk printer, Fuji Xerox berada di peringkat ketiga di bawah HP dan Canon.

“Secara overall, kami berada di peringkat ketiga pada tahun 2009. Sedangkan untuk printer laser multifungsi (MFP), kami di posisi pertama,” kata Teddy.

Sebanyak 12 ribu unit printer laser A4 MFP telah dikapalkan ke Indonesia pada tiga kuartal pertama 2009, dan diperkirakan menjadi 15 ribu pada akhir 2009. Sekitar 90% adalah printer laser A4 monokrom, dan sisanya dari printer warna. Porsi printer MFP hanya 30%, dan printer fungsi tunggal (SFP) mencapai 70%.

“Tahun lalu kami meluncurkan sekitar 26 varian produk. Tahun ini akan hadir 26-30 jenis produk,” kata Teddy.

Dia menegaskan kekuatan produknya berasal dari varian yang lengkap untuk menjangkau semua segmen pasar. Namun, Fuji Xerox baru menyuplai 10% produk untuk segmen grafis karena karena demand yang masih kecil.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar