Senin, 25 Januari 2010

Peserta Tender Internet Kecamatan Tinggal 9

KEMENTERIAN Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengumumkan sembilan peserta tender proyek universal service obligation (USO) internet kecamatan lolos ke tahap berikut. Mereka adalah PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom), PT Indonesia Comnet Plus (Icon+), PT Aplikanusa Lintas Arta, PT Indo Pratama Cybernet, PT Pos Indonesia, PT Netwave Multimedia, PT Jastrindo Dinamika, PT Sarana Insan Muda Selaras, dan PT Jasnita Telekomindo.

“Telkom, PT Pos Indonesia dan PT Netwave Multimedia memasukkan dokumen untuk seluruh paket pekerjaan. Sedangkan Lintas Arta hanya memasukkan tiga paket kegiatan saja,” jelas Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenkominfo Gatot S Dewa Broto dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/1).

Sembilan perusahaan tersebut total mengajukan 54 dokumen proyek. Namun, dari 11 paket yang ditawarkan itu, paket 9 adalah yang paling diminati peserta tender. Paket 9 itu adalah meliputi daerah Maluku, Maluku Utara, Irian Jaya Barat dan Papua.

Kemenkominfo membagi tender internet kecamatan itu menjadi 11 paket. Paket 1 untuk daerah Nanggroe Aceh Darussalam & Sumatera Utara, paket 2 (Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu dan Riau), paket 3 (Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Lampung dan Sumatera Selatan), paket 4 (Banten & Jawa Barat), paket 5 (Jawa Tengah & DIY), paket 6 (Jawa Timur), paket 7 (Bali, NTB, dan NTT), paket 8 (Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur), paket 9 (Maluku, Maluku Utara, Irian Jaya Barat dan Papua), paket 10 (Sulawesi Utara, Gorontalo dan Sulawesi Tengah), serta paket 11 (Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tenggara).

Selanjutnya, Kemenkominfo akan melakukan evaluasi terhadap seluruh dokumen para peserta. “Evaluasi berlangsung pada 22-29 Januari 2010 dan penilaiannya berbasis pada administrasi dan teknis,” kata Gatot.

Setelah masa evaluasi, proses akan berlanjut dengan pembukaan sampul kedua atau penawaran harga pada 29 Januari 2010. Kemenkominfo akan mengumumkan pemenang tender pada 17 Pebruari 2010.

Gatot mengatakan, program internet kecamatan sejak semula tidak menjadi bagian program 100 hari Kemenkominfo. Proyek ini berbeda dengan program 100 desa pinter yang menjadi bagian dari proyek USO 25 ribu desa berdering yang dikerjakan oleh PT Telkomsel dan Icon+. Saat ini, akses internet desa pinter telah terpasang di 87 desa atau 87% menjelang akhir program 100 hari Kemenkominfo.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar