Senin, 18 Januari 2010

Telkom Tambah Kapasitas Bandwidth Internasional

PT TELEKOMUNIKASI Indonesia Tbk (Telkom) melalui anak perusahaan yang bergerak dalam bisnis telekomunikasi internasional, PTTelekomunikasi Indonesia Internasional (TII) bergabung dalam Konsorsium Pembangunan Kabel Laut South East Asia Japan Cable System (SJC). Keikutsertaan itu ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama pada 18 Januari 2010 di Honolulu, Amerika Serikat (AS).

Presiden Direktur PT TII Mulia P Tambunan mengatakan, Sistem Kabel Laut SJC akan menghubungkan Singapura, Hong Kong, Jepang dan negara Asia lain, termasuk Indonesia. SJC memiliki kapasitas bandwidth terbesar dari kabel laut yang ada dengan total kapasitas bandwidth 17 terabit per detik (Tbps) serta dapat di-upgrade sampai dengan 23 Tbps.

“Keikutsertaan TII dalam Konsorsium SJC merupakan langkah strategis untuk memperkuat jaringan infrastruktur internasional yang telah ada,” jelas Mulia P Tambunan di Jakarta, Minggu (17/1).

Selain TII, beberapa operator dunia turut bergabung dalam Konsorsium SJC, di antaranya Reliance Globalcom (melalui Flag Pacific Limited Bermuda), Globe Telecom (Filipina), Google SJC Bermuda Ltd KDDI (Jepang), Network i2i (India), Singapore Telecommunications Ltd dan Telemedia Pacific Inc Ltd (Hong Kong/Indonesia).

Infrastruktur Internasional tersebut selain untuk mendukung bisnis Telkom Group dalam memenuhi kebutuhan bandwidth international yang meningkat dramatis. Ini terutama untuk mendukung aplikasi broadband seperti internet, video, data, dan layanan multimedia lainnya. Infrastruktur Internasional itu juga akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan lainnya.

Menurut Mulia, SJC akan selesai dan siap beroperasi di triwulan I 2012. Pertumbuhan kebutuhan kapasitas bandwidth internasional Telkom Group pada akhir 2014 akan mencapai setidaknya 10 kali lipat dari kebutuhan saat ini. Rancang bangun SJC yang inovatif akan memberikan tambahan kapasitas bandwidth international PT TII mencapai 960 Gbps terhadap kapasitas yang telah dimiliki oleh TII saat ini dengan kualitas yang sangat baik, tingkat hubungan yang lebih cepat dan sistem diversity yang andal.

Sementara itu, Vice President Public and Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia mengatakan, investasi PT TII melalui investasi di konsorsium SJC adalah wujud dari implementasi visi PT TII untuk menjadi pemain penting dalam industri infocom di kawasan Asia dan membawa pelanggan Telkom Group ke teknologi terbaik yang ada di dunia saat ini.

“Investasi yang berkelanjutan dalam mengembangkan jaringan international ini merupakan bukti komitmen Telkom Group untuk memberikan layanan yang terbaik, tercepat, dan andal dengan harga yang terjangkau kepada pelanggannya,” kata Eddy Kurnia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar