Kamis, 28 Januari 2010

StarOne Keluhkan Masalah Interkoneksi

INDOSAT mengeluhkan masalah internekoneksi dalam mengembangkan pasar dan jaringan Star One, produk fixed wireless access (FWA), di Jawa Timur. Akibatnya pelanggan Star One hanya bisa berkomunikasi ke sesama pelanggan Indosat, yakni Star One, IM3, Mentari dan Matrix.

Kepala Cabang Indosat Surabaya Nurkholis mengatakan, masalah interkoneksi itu sudah lama dikeluhkan dan menjadi kendala dalam penetrasi produk ke pasar. Interkoneksi yang belum jalan itu ada di 12 kota, di antaranya di Lamongan, Bojonegoro, Tuban, Sampang dan Pamekasan.

"Untuk menyiasatinya, Star One kini lebih fokus memberikan layanan data. Untuk data interkoneksi tidak menjadi kendala utama," kata Nurkholis di sela bundling HP Hybrid Ivio, Rabu (27/1).

Didesak lebih lanjut mengenai masalah interkoneksi, Nurkholis tidak mau menjelaskan lebih rinci. Karena masalah interkoneksi sangat kompleks, meski sebenarnya bukan persoalan baru di dunia telekomunikasi.

Saat ini dengan pelanggan Star One 200 ribu, komposisinya 60% pengguna data dan 40% pengguna voice. Untuk daerah baru, memacu voice tidak mudah justru data yang lebih mudah karena banyak pilihan paket yang sangat terjangkau. Misalnya paket data unlimited hanya Rp 45 ribu per bulan.

Selain lewat modem, lanjut dia, strategi lain guna memacu layanan data adalah memperbesar program bundling dengan ponsel yang bisa sekaligus menjadi modem. Salah satunya ponsel model Hybrid Ivio. Dengan harga promo Rp 999 ribu.

"Bundling dengan vendor sudah sering dilakukan, namun untuk Star One baru Ivio. Langkah ini untuk memacu pertumbuhan pelanggan Star One lebih cepat lagi khususnya untuk data," jelas dia.

Nurkholis mengakui, memasuki 2010 Indosat banyak melakukan bundling dengan sejumlah vendor. Diantaranya Lexus, Imo dan kini Ivia.

Trend masyarakat saat ini menggunakan ponsel lebih dari satu telah menjadi peluang bagi Indosat dalam menawarkan ponsel dual on, GSM-GSM atau GSM-CDMA.

Dalam program bundling Ivio, pelanggan mendapatkan kartu perdana IM3 bonus pulsa Rp 25 ribu, 100 menit akses internet, 10 menit bicara ke sesama Indosat.

"Tidak ada target khusus berapa target pelanggan Star One. Pelanggan Star One diarahkan untuk menjadi pelanggan data," jelas Nurkholis.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar