Senin, 04 Januari 2010

Operator Sukses Layani Pergantian Tahun

DEPKOMINFO dan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) menjadikan Indosat dan XL sebagai sampel untuk menguji dan memonitor layanan telekomunikasi pada saat pergantian tahun 2009 ke 2010. Meski ada peningkatan layanan suara, SMS, dan data, secara umum layanan telekomunikasi berjalan lancar.

Sementara itu, Telkomsel yang tidak dijadikan sampel oleh Depkominfo dan BRTI menyatakan, peningkatan layanan komunikasi suara, SMS dan data meningkat signifikan. Meski demikian, pelanggan Telkomsel tidak ada kendala berarti yang dialami Telkomsel dalam menghadirkan kelancaran dan kenyamanan berkomunikasi menjelang momen pergantian tahun.

Demikian dikatakan Kepala Pusat Informasi dan Humas Depkominfo Gatot S Dewa Broto dan Direktur Utama Telkomsel Sarwoto Atmosutarno dalam siaran pers, Minggu (3/1/2010).

Gatot mengatakan, tanpa pretensi apapun, kegiatan monitoring mengambil sampel layanan telekomunikasi yang dihadirkan XL Axiata dan Indosat. Tujuan monitoring dimaksudkan agar masyarakat mendapat layanan terbaik.

Berdasarkan monitoring dan data random yang dikirim operator XL Axiata dan Indosat kepada Depkominfo menyebutkan, layanan suara, SMS, dan data meningkat pada masa pergantian tahun 2009-2010. (lihat tabel). “Secara umum dan keseluruhan, seluruh penyelenggaraan penyiaran, pos dan telekomunikasi selama berlangsungnya pergantian tahun 2009 ke 2010 telah berlangsung dengan lancar,” kata Gatot.

Gatot mengatakan, Depkominfo menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh penyelenggara telekomunikasi dan berharap agar kualitas layanan dapat dipertahankan, kalau bisa harus lebih baik lagi. “Seandainya ada warga masyarakat yang tidak memperoleh layanan sebagaimana yang diharapkan dan itu tidak terpantau langsung oleh Depkominfo, tentu informasi dan laporan itu akan kami teruskan kepada pihak-pihak yang berkepentingan,” kata Gatot.

Sementara itu, Sarwoto Atmosutarno mengatakan, trafik suara, SMS dan data Telkomsel naik signifikan dibanding hari-hari biasa. (lihat tabel). “Meski lalu lintas SMS pada periode Tahun Baru ini cukup padat, berkat persiapan yang dilakukan Telkomsel dengan meningkatkan kapasitas jaringan dalam skala besar, pelanggan tetap dapat mengirim SMS ucapan ‘Selamat Tahun Baru’ dengan nyaman dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS yang baik,” kata Sarwoto.

Telkomsel, kata Sarwoto, sudah mengantisipasi kenaikan pengiriman SMS tersebut dengan peningkatan kapasitas SMS Center dari 47.100 SMS/detik pada tahun lalu menjadi 80.000 SMS/detik. Secara berturut-turut, trafik SMS paling tinggi terjadi pada tanggal 1 Januari 2010 (493 juta SMS), lalu tanggal 31 Desember 2009 (457 juta SMS).

Sarwoto menambahkan, secara umum tidak ada kendala berarti yang dialami Telkomsel dalam menghadirkan kelancaran dan kenyamanan berkomunikasi menjelang momen pergantian tahun. “Hal ini karena Telkomsel secara rutin mengecek jaringan guna menghadapi lonjakan trafik komunikasi yang signifikan, yang biasa terjadi pada setiap Hari Raya Idul Fitri maupun Tahun Baru,” kata Sarwoto.

Performansi Trafik Telekomunikasi pada Tahun Baru 2010

Operator

Jenis Layanan

Saat Pergantian ke Tahun 2010

Perbandingan dengan Hari Normal

Perbandingan dengan Tahun Baru 2009

XL Axiata

Suara

900 juta call (total menit 620 juta menit)

19,2%

Naik 6%

SMS

380 juta SMS

19%

186%

Data

4,6 terabytes

21%

475%

Indosat

Suara

287,5 juta menit

19,7%

7%

SMS

433,4 juta SMS

43,7%

60,4%

Data

18,6 terabytes

1,1%

123,6%

Telkomsel *)

Suara

263 juta call (total 840 juta menit)

12%

-9%

SMS

950 juta SMS

150%

30%

Data

28 terabytes

12%

143%

Sumber: Depkominfo dan Telkomsel

Tidak ada komentar:

Posting Komentar