Rabu, 20 Januari 2010

Penjualan PC 2010 Diperkirakan 4 Juta Unit

PENJUALAN komputer (PC) di Indonesia pada 2009 telah menembus angka tiga juta unit. Pada tahun ini, penjualan komputer diperkirakan mencapai empat juta unit.

“Data IDC menyebutkan penjualan PC di Indonesia tahun lalu mencapai tiga juta unit dan diprediksi mencapai empat juta unit atau naik 33% pada tahun 2010,” jelas Budi Wahyu Jati, Country Manager Intel Indonesia Budi Wahyu Jati di sela peluncuran generasi Intel Core ‘i’ terbaru, di Jakarta, Selasa (19/1).

Bahkan, Indonesia kini telah menguasai seperempat atau 25% pasar PC yang beredar di kawasan Asia Pasifik. Pada tahun ini, porsi pasar PC Indonesia terhadap pasar Asia Pasifik diprediksi meningkat menjadi 30%.

Persentase pertumbuhan PC di Indonesia sejak Oktober 2008 hingga November 2009 menembus angka fenomenal, yakni sebesar 640%. Pertumbuhan PC portable mencapai 200%. Penggerak pertumbuhan PC yang signifikan tersebut, kata Budi, adalah larisnya PC bergerak, yaitu notebook dan netbook dengan harga yang terjangkau.

Untuk menggarap pasar PC yang potensial, Intel menghadirkan rangkaian prosesor berbasis Core i7, i5, dan i3 untuk menyasar ke semua segmen, baik desktop maupun laptop. Efisiensi konsumsi energi dengan teknologi Turbo Boost dan Hyper-Threading serta kemampuan grafis high-definition (HD) yang terintegrasi menjadi keunggulan prosesor generasi ‘i’.

Generasi prosesor ‘i’ adalah penerus platform sebelumnya, yaitu Centrino dan Celeron. “Produk-produk lama sedang dimutasi secara perlahan sampai penghentian produksi pada pertengahan tahun ini,” kata Budi.

Transisi dari platform lama menuju platform baru membutuhkan waktu satu tahun. “Kami berharap line-up prosesor terbaru Intel yang variatif dapat lebih menyerap market di Indonesia,” kata Budi.

Dari tiga juta unit PC yang terjual tahun lalu, dia menyebutkan, 92% menggunakan prosesor Intel. Dominasi perusahaan asal Amerika ini terlihat dari banyaknya vendor komputer yang telah digandeng Intel, baik vendor komputer global maupun lokal, seperti Acer, Toshiba, HP, Dell, Asus, hingga Zyrex.

Intel adalah raja prosesor dunia. AMD, salah satu pesaingnya, masih terseok-seok mengejar ketertinggalan. Pendapatan dan keuntungan Intel pun terus meningkat. Intel meraup keuntungan global sebesar US$2,3 miliar pada kuartal IV 2009, atau meningkat 875% dibanding kuartal yang sama pada 2008 yang sebesar US$ 234 juta.

Suplai prosesor untuk PC serta chip server menjadi kekuatan utama perusahaan yang berdiri pada 1968 ini. Dengan rangkaian prosesor terbaru, Intel menargetkan pendapatan sebesar US$ 9,7 miliar pada kuartal I 2010.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar