Kamis, 28 Januari 2010

Lenovo Siap Bertarung di Segmen Korporasi

LENOVO Indonesia sedang menyusun strategi untuk lebih agresif pada 2010. Pertumbuhan di segmen komersial (korporasi) menjadi salah satu target yang diincar vendor asal Tiongkok ini.

Country Manager Commercial Business Lenovo Indonesia Sandy Lumi mengatakan, pada kuartal III 2009, Lenovo baru memperoleh pangsa pasar 5% untuk segmen komersial secara keseluruhan di Indonesia. HP masih memimpin pasar PC komersial dengan pangsa 10,1% untuk desktop dan 43,8% untuk notebook.

“Menurut prediksi IDC, pertumbuhan PC pada 2010 akan naik 17%. Maka kami akan memasang target lebih dari 17%,” kata Sandy usai peluncuran produk ThinkPad Edge dan X100e di Jakarta, Rabu (27/1).

Tahun lalu, penjualan PC di Indonesia mencapai tiga juta unit dan jadi pasar terbesar di Asia Tenggara. Sandy mengatakan, pasar PC di Indonesia masih sangat menjanjikan mengingat pertumbuhan market yang mencapai dua digit.

Lenovo juga siap menyediakan kebutuhan pasar yang semakin matang dengan menghadirkan seri-seri laptop dengan harga terjangkau. “Jajaran laptop ThinkPad dengan harga yang lebih terjangkau akan membuka peluang untuk menggarap pasar lebih luas,” jelas dia.

Lenovo baru saja meluncurkan laptop seri ThinkPad X100e dan Edge yang didesain untuk kalangan profesional UKM. Harga kedua laptop yang berkisar antara US$500-680 ini terbilang murah untuk segmen UKM.

Aroma persaingan harga PC di tahun 2010 akan semakin tajam mengingat dimulainya Asean-China Free Trade Area (AC-FTA). Namun, Lenovo yang notabenenya adalah produsen PC asal Tiongkok mengaku tidak terlalu khawatir terhadap serbuan produk-produk senegaranya.

“Pengaruh AC-FTA tidak akan begitu besar karena produk PC tidak dikenai pajak barang mewah (PPNBM). Jadi, soal harga kita masih bersaing,” tegas Sandy.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar