Rabu, 27 Januari 2010

Akuisisi AdMedika, Telkom Kembangkan e-Health

PT TELEKOMUNIKASI Indonesia Tbk (Telkom) melalui anak perusahaannya PT Multimedia Nusantara (Metra) telah menandatangani Perjanjian Jual Beli Bersyarat atau Conditional Sales Purchase Agreement (CSPA) untuk mengakuisi 75% saham PT Administrasi Medika (AdMedika), sebuah perusahaan PMA yang bergerak di bidang Electronic Health Care Network di Jakarta.

CSPA ditandatangani Direktur Utama Metra Alex J Sinaga dan pemegang saham AdMedika yang diwakili Sofian Sutantio, Ravi Varna Kanason, dan Shia Kok Fat. Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah dan Direktur IT & Supply Telkom Indra M Utoyo ikut menyaksikan penandatangan yang berlangsung di Bandung, Senin (25/1).

“Dengan penguasaan 75% saham, Telkom berhak melakukan kendali secara penuh terhadap AdMedika,” kata Rinaldi Firmansyah.

Admedika yang didirikan 8 Januari 2002 saat ini merupakan market leader, memiliki 1,2 juta anggota, jumlah pelanggan mencapai 26 perusahaan asuransi, dan 717 rumah sakit, klinik, puskesmas dan lain-lain. Saham AdMedika dimiliki 38% oleh PT Swadayanusa Kencana Raharja, 38% Sofian Susantio, 19% Ravi Varna Kanason, dan 5% Shia Kok Fat.

Akuisisi ini, menurut Rinaldi, adalah untuk mewujudkan Indonesia Insurance Shared Service Platform (InSure Net) sebagai cikal bakal program e-Health Nasional. ”Akuisisi ini merupakan akuisisi strategis untuk Telkom terkait dengan inisiatif InSure Net, khususnya untuk sektor asuransi, dimulai dari infrastruktur IT untuk mendukung e-Health dan seluruh asuransi e-Claim Nasional,” jelas Rinaldi.

InSure Net adalah sebuah platform kolaborasi dan transaksi secara online untuk meningkatkan efektifitas, produktivitas, dan mutu pelayanan Institusi Asuransi.

Selain itu, InSureNet bertujuan untuk merealisasikan sinergi di antara perusahaan asuransi BUMN dan penyedia layanan kesehatan. Untuk saat ini kelima asuransi BUMN yang terlibat antara lain Taspen, Jamsostek, Askes, Jasa Raharja, dan Asabri. InSureNet akan dikembangkan bertahap dan saat ini masih dalam tahap pengembangan data kepesertaan bersama.

Menurut Rinaldi, akuisisi AdMedika yang merupakan perusahaan pengelola administrasi layanan kesehatan (healthcare administration provider) terbesar di Indonesia merupakan salah satu upaya Telkom Group untuk memperkuat portofolio bisnis Information (IT Services).

Sebagaimana diketahui, Telkom telah menetapkan transformasi bisnisnya untuk menjadi perusahaan terdepan bukan hanya di bidang T (Telecommunication), namun juga di bidang I (information), M (Media) dan E (Edutainment) atau disingkat TIME.

Pengembangan TIME

Dalam rangka pengembangan portofolio bisnis TIME, Telkom Group mendorong Metra menjadi perusahaan multimedia terdepan yang fokus di bisnis adjancent industry. Akuisisi AdMedika merupakan rangkaian akuisisi yang dilakukan Metra setelah pada 2008 menyelesaikan akuisisi 80% saham PT Sigma Cipta Caraka, sebuah perusahaan IT terkemuka di Indonesia.

Pada 2009, Metra juga telah menyelesaikan akuisisi 49% saham Infomedia milik Elnusa, sebagai upaya pengembangan bisnis Infomedia di bidang Call Center & Directory Services dan Business Process Outsourcing (BPO). Metra juga telah membentuk anak usaha PT Metranet yang fokus dalam pengembangan portal bisnis dengan brand Mojopia.

Dirut Metra Alex J Sinaga mengatakan, akuisisi ini dapat dipandang sebagai wujud nyata dukungan Telkom untuk mendorong pengembangan bisnis BPO layanan kesehatan (E-Health) di Indonesia melalui penyelenggaraan layanan kesehatan yang terintegrasi, efisien dan memberikan nilai tambah bagi pelanggan, industri jasa pelayanan kesehatan dan industri asuransi.

Saat ini, menurut Alex J. Sinaga, industri BPO E-Health di Indonesia diperkirakan mempunyai 10 juta anggota dan AdMedika menguasai pangsa pasar 12% atau 1,2 juta anggota. AdMedika merupakan pionir dalam mengaplikasikan online claim processing system dan menjadi Third Party Administrator (TPA) yang menjembatani kepentingan anggota, asuransi dan jasa kesehatan.

Langkah akuisisi ini diharapkan mampu memberikan nilai sinergi yang optimal bagi Telkom Group, antara lain dengan Sigma dalam integrasi services, Infomedia dalam layanan anggota melalui Contact Center Outsourcing, Finnet sebagai E-payment gateway dan Mojopia dalam memberikan layanan one stop online healthcare service portal.

Vice President Public and Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia menambahkan, dengan dukungan kuat Telkom Group, AdMedika diharapkan dapat mempercepat ekspansi bisnisnya sehingga mampu memberikan nilai yang signifikan bagi Telkom Group dalam lima tahun ke depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar