Jumat, 23 April 2010

2010, Penjualan PC 5,1 Juta

FIRMA riset International Data Corporation (IDC) memprediksi pengapalan komputer (PC) di Indonesia pada 2010 mencapai 5,1 juta unit. Jumlah tersebut hampir dua kali lipat atau meningkat 53% dari penjualan tahun lalu.

“Dibanding tahun sebelumnya, pengapalan PC di Indonesia pada tahun 2010 akan meningkat 53% atau sebanyak 5,1 juta unit,” jelas Andi Handoko, analis IDC Indonesia, Kamis (22/4).

Pada 2009, dia menjelaskan, IDC mencatat total penjualan PC di Indonesia mencapai 3,3 juta unit, dengan pertumbuhan sebesar 36% dibanding tahun sebelumnya. PC portable atau notebook menjadi primadona dengan kontribusi 61% terhadap total penjualan.

Country Manager Lenovo Indonesia Sandy Lumi mengatakan, peningkatan belanja PC tahun ini disebabkan beberapa faktor, seperti membaiknya kondisi makro ekonomi di Tanah Air, inflasi yang semakin terkendali, serta menguatnya nilai tukar rupiah terhadap dolar. Faktor-faktor tersebut menjadi dasar peningkatan daya beli masyarakat.

“Program-program pemerintah tahun ini banyak dicurahkan untuk meningkatkan pemerataan teknologi informasi (TI). Sehingga, akan banyak tender untuk pengadaan barang seperti PC di tahun 2010,” papar Sandy.

Pemerintah, tahun ini sedang gencar melakukan peningkatan penetrasi TI di masyarakat. Sandy mengatakan, pembelanjaan PC di sektor pemerintah akan banyak dilakukan oleh Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Salah satu program pemerintah yang sedang dikerjakan tahun ini adalah proyek universal service obligation (USO) Internet Kecamatan yang menyambungkan akses internet di 5.748 kecamatan dan akan rampung sebelum 2010 berakhir.

Pembaharuan infrastruktur TI korporasi dan enterprise juga turut andil dalam peningkatan pengapalan PC tahun 2010. “Kontrak-kontrak pengadaan PC per-tiga-tahun akan banyak yang jatuh tempo tahun ini, khususnya di sektor perbankan dan telekomunikasi,” lanjutnya.

Selain itu, rilis sistem operasi terbaru Microsoft Windows 7 juga menjadi faktor pendorong pertumbuhan angka penjualan PC. “Baik korporasi maupun small-medium business (SMB) akan tergerak untuk mengadopsi Windows 7 dengan melakukan refreshment PC dengan spesifikasi yang lebih baik,” jelasnya.

Tidak berbeda jauh dari tahun lalu, penjualan notebook masih di atas desktop. Sandy mengatakan, penyerapan desktop masih dominan dilakukan oleh korporasi. Sedangkan segmen konsumer dan SMB yang terus tumbuh menjadi konsumen tertinggi pengapalan PC jenis notebook.

Hingga kuartal I 2010, Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Suhanda Wijaya menyebutkan, angka penjualan PC di Indonesia mencapai 800 ribu unit. Angka tersebut meningkat cukup tajam dibanding periode yang sama di tahun 2009 yaitu 300 ribu unit. Namun, Apkomindo memperkirakan, perkiraan penjualan PC tahun ini sekitar 3,6 juta atau jauh di bawah prediksi IDC.

Meskipun peningkatan penjualan PC terus meningkat, penetrasi PC di Indonesia masih dianggap rendah. “Perbandingan penetrasi PC dengan jumlah penduduk sekitar 37:1.000, masih sangat rendah,” ujar Sandy.

“Untuk meningkatkan itu, industri yang berbasis TI di daerah yang selama ini rendah perlu ditumbuhkan untuk mengakselerasi penetrasi,” harap Suhanda.


Prediksi Penjualan PC di Indonesia

Tahun

Penjualan PC

Pertumbuhan

dibanding tahun sebelumnya

2010

5,1 juta

53%

2009

3,3 juta

36%

Sumber Data: IDC Indonesia


Acer Kuasai Pasar

Presiden Direktur PT Acer Indonesia Jason Lim mengatakan posisi vendor Taiwan ini masih nomor satu di Indonesia. Acer tercatat berada di posisi teratas dalam penjualan PC dengan mengapalkan sekitar 602 ribu unit PC ke Indonesia.

“Kami masih bertahan di posisi pertama untuk kelima kalinya di pasar Indonesia,” terang Jason di Jakarta, Senin (19/4). Data yang dikeluarkan badan riset Gartner menyebutkan Acer menguasai 21,5% pangsa pasar dari total penjualan 2,8 juta unit PC di Indonesia.

Jason mengungkapkan 60% PC yang terjual adalah notebook. Pada tahun 2009, Acer mendominasi pangsa pasar notebook sebesar 36,3% dengan pertumbuhan mencapai 75,6% dibanding tahun sebelumnya. Sedangkan, 25% pangsa pasar desktop juga dimiliki Acer dengan pertumbuhan 60,9% dibanding tahun 2008.

Acer, kata Jason, sangat optimis untuk menjaga posisinya sebagai vendor PC teratas di Indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar