Rabu, 14 April 2010

Telkom Mulai Pasarkan Layanan Triple Play

PT TELEKOMUNIKASI Indonesia Tbk (Telkom) mulai memasarkan produk andalannya, Triple Play. Yakni, layanan yang meliputi layanan IP Phone, Internet dan IPTV (Yes TV) yang disalurkan melalui satu kabel fiber optik yang sama ke rumah pelanggan.

“Layanan Triple Play pertama kali dipasarkan di Apartemen Adhiwangsa Golf Residence Surabaya dengan jumlah total 170 unit kamar. Sesuai dengan jenis layanannya, sangat pas untuk apartemen meski bisa juga dinikmati pelanggan rumahan,” kata Senior Officer Communication Telkom Divisi Consumer Service Timur Djadi Soegiarto di Surabaya, Senin (12/4).

Djadi menjelaskan, layanan Triple Play di 170 unit itu baru tahap awal dan digelar di Tower A pada apartemen Adhiwangsa, Surabaya. Menurut rencana untuk Tower B juga akan digelar dengan menggunakan teknologi Gigabit Pasive Optical Network (GPON) untuk semua penghuni apartemen tersebut.

Layanan Triple Play ini, kata Djadi, untuk sementara dipasarkan bagi pelanggan yang tercluster, antara lain untuk melayani apartemen, hotel, mal dan gedung bertingkat lainnya, karena lebih mudah dalam penggelarannya.

''Selama ini telepon kabel hanya bisa digunakan untuk telepon dan internet. Sekarang bisa sekaligus untuk langganan layanan TV berbayar atau IPTV. Nilai investasi untuk penggelaran jaringan infrastruktur di Apartemen Adhiwangsa ini sekitar Rp 2,3 miliar, yang meliputi instalasi gedung, ONT (Optical Network Terminal), set of box dan asesoris lainnya,” kata Djadi.

Djadi menambahkan, pihaknya sangat dimudahkan dengan clustering pelanggan yang mencakup wilayah seluas 64.000 m2 ini. Rencananya selain mengover kedua tower, ke depan juga akan digelar infrastruktur yang lebih luas yang meliputi hotel yang terdiri atas empat tower dan gedung Len Marc yang berada di kawasan elit tersebut.

“Uji coba layanan Triple Play ini telah berhasil dilaksanakan pada 4 April 2010 di lantai lobby dan show unit di lantai 6,” kata dia.

Layanan IPTV merupakan pengembangan teknologi berbasis internet yang bisa mengirim data berbentuk video. Telkom memanfaatkan jaringan kabel telepon yang sudah banyak tersambung di rumah-rumah konsumen untuk mengantar teknologi itu ke konsumen. Alhasil, operator tidak perlu lagi membuat jaringan baru yang memakan biaya besar.

Mengenai tarif, Telkom mematok pilihan mulai Rp 360 ribu hingga Rp 2 juta per bulan. Tarif tersebut bisa dinikmati pelanggan untuk layanan akses internet Speedy, telepon, serta YesTV. ''Perbedaannya pada pilihan akses internet basic atau unlimited maupun banyaknya pilihan channel,'' ujar Djadi.

Konsumen juga membayar biaya pemasangan ONT sebesar Rp 2,5 jutaan. Perangkat itu merupakan alat yang menyambungkan data ke perangkat TV, telepon, maupun modem untuk akses internet konsumen.

Telkom kini mempersiapkan beberapa lokasi lain untuk menerima fasilitas Triple Play. Rencananya akan dipasang di East Coast Residence dan Water Place. Karena karakteristik pengantar teknologi dengan FO, untuk sementara layanan itu dipasarkan bagi pelanggan yang terkluster, seperti apartemen, hotel, mal, dan gedung bertingkat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar