Rabu, 28 April 2010

Lintasarta Dukung Layanan Microbanking

LINTASARTA menyatakan siap mendukung penetrasi microbanking di Indonesia Timur. Untuk mengembangkan pelayanan microbanking secara menyeluruh, Lintasarta menyiapkan infrastruktur TI di 2.000 lebih titik lokasi mitra perbankan melalui penggunaan Very Small Aperture Terminal (VSAT) maupun media akses lainnya.

“Kami siap memberikan dukungan pelayanan microbanking dalam bentuk penetrasi lokasi, edukasi pasar dan solusi TI tepat guna,” kata Direktur Usaha Lintasarta, Samsriyono Nugroho dalam pembukaan Asia Pacific Conference & Exhibition (APCONEX) 2010 di JCC, Jakarta, Selasa (27/4).

Untuk mendukung layanan microbanking, Lintasarta menggandeng induk perusahaan PT Artajasa Pembayaran Eletronis, penyedia ATM Bersama. Perusahaan ini memiliki 16.000 jaringan dengan pelanggan korporasi mencapai 1.500 lebih.

Samsriyono menyatakan, Lintasarta menyiapkan empat solusi ICT untuk mengembangkan microbanking. Pertama, menyiapkan solusi network access di rural area. Kedua, solusi payment service di Warnet Desa Pinter.

Ketiga, solusi credit installment reminder system menggunakan mobile device. Keempat, proses menabung dengan menggunakan layanan Bank Keliling, baik untuk di pasar maupun perdesaan.

Seperti diketahui, Lintasarta merupakan salah satu perusahaan yang turut berpartisipasi mengembangkan program “Desa Pinter” (Desa Punya Internet). Melalui program yang digagas Kemenkominfo tersebut, Lintasarta menyiapkan infrastruktur warung internet (warnet) untuk sekitar 1.500 kecamatan, meliputi seluruh wilayah Kalimantan, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

Warnet tersebut nantinya dapat dikembangkan sebagai sarana pelayanan microbanking di rural area, baik untuk proses edukasi maupun payment point untuk pelayanan lain.

“Pemanfaatan program Desa Pinter secara tepat dapat meningkatkan potensi UKM dan potensi sumber daya di daerah secara signifikan. Teknologi akan mempercepat proses penetrasi industri microbanking dan meningkatkan potensi UKM di berbagai daerah,” katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar