Selasa, 30 Maret 2010

Dell Roadshow PC Gaming

DELL ingin segera merengkuh pasar komputer (PC) di Indonesia. Setelah menjadi raja PC di Tanah Air, khususnya di segmen korporasi, vendor PC dari Amerika Serikat (AS) ini mulai menggarap segmen retail (consumer). Setelah itu, Dell gencar mempromosikan lini PC yang khusus game di Indonesia, yakni seri Alienware.

Regional Managing Director Consumer Business Dell Asean Andreas Diantoro mengatakan, negeri berpenduduk 220 juta lebih ini telah ditunjuk menjadi negara pertama di Asean yang disambangi road show Alienware Mobile Bus.

“Melalui Alienware Mobile Bus ini, kami ingin meningkatkan awareness pasar terhadap jajaran PC gaming Dell,” kata Andreas Diantoro di sela peluncuran Alienware Mobile Bus di Jakarta, Senin (29/3).

Terkait pengembangan pasar consumer, Dell akan memperluas jangkauan dan layanan langsung ke 222 kota di Indonesia. Layanan consumer yang selama ini terlambat di infrastruktur diharapkan dapat segera diperbaiki.

Selain mengincar peningkatan dari segmen consumer, Dell juga tetap berorientasi pada segmen usaha kecil dan menengah (UKM). Vendor PC tiga besar dunia ini juga menambah jajaran portofolionya melalui layanan konsultasi dan virtualisasi.

Sedangkan mengenai Alienware Mobile Bus, Dell menyediakan deretan portofolio gaming berkinerja tinggi Alienware, seperti Area 51 dan laptop ultraportable berlayar 11 inci, M11x. Andreas mengatakan, bus berwarna gelap ini baru diluncurkan di Indonesia sebelum menyinggahi negara-negara Asean lainnya.

Dell akan melakukan tur ke beberapa sekolah, universitas, dan pusat perbelanjaan di Jakarta dan Bandung mulai April hingga Juli 2010. “Dengan Alienware Mobile Bus, kami ingin pengguna mencoba pengalaman teknologi gaming terbaru dengan performa tinggi, serta belajar cara baru untuk berbagi pengetahuan gaming mereka,” jelas Andreas.

Meskipun demikian, Dell belum menemukan kuantitas baku dalam memetakan pasar PC khusus game di Indonesia. “Kami membagi segmen gamer menjadi enthusiast gamer (80%) dan hardcore gamer (20%),” kata Andreas.

Selain itu, dia melihat banyaknya warnet yang mulai beralih menjadi wahana game online sebagai indikasi perkembangan pasar komputer khusus game di Indonesia. Dell melalui Alienware sudah menyediakan jajaran PC Alienware untuk menyasar semua segmen.

Global Product Marketing Director untuk Alienware Dell Bryan de Zayas mengatakan, produk-produk khusus game akan ditingkatkan dalam segi kemampuan dan spesifikasi. “Kami juga akan meluncurkan aksesoris hingga monitor 3D untuk mendukung interaksi para gamer,” ungkapnya.

Andreas mengatakan, Dell akan meningkatkan kemampuan teknologi PC game Alienware pada akhir 2010. Sedangkan, produk-produk aksesoris dan monitor gaming 3D akan diluncurkan di Indonesia pada pertengahan tahun ini.

Dengan masuknya lini PC Alienware, Dell memperlihatkan pergerakan agresif dalam melakukan penetrasi di segmen consumer. Saat ini, Dell masih duduk sebagai vendor terbesar keempat untuk segmen PC consumer di Indonesia.

Secara global, Dell mengalami peningkatan pendapatan bersih 11% serta peningkatan dalam pengapalan produk hingga 16% pada kuartal keempat 2009. Sedangkan, pencapaian Dell Indonesia dari sisi operating income mengalami kenaikan 58%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar