Rabu, 31 Maret 2010

Layanan BlackBerry XL Rp 75 Ribu

OPERATOR XL, PT XL Axiata Tbk, menawarkan tarif berlangganan layanan BlackBerry cuma Rp 75 ribu per bulan. Syaratnya, untuk menikmati tarif super murah itu, pelanggan harus membeli BlackBerry Onyx.

"Ini hanya untuk pelanggan yang membeli BlackBerry Onyx dari XL. Program promo bundling BlackBerry Onyx ini berlaku selama tiga bulan dari Maret hingga Juni," ujar Direktur Niaga XL Joy Wahyudi saat peluncuran program promo dan Layanan Blackberry One Rp75 ribu per bulan dan Blackberry Gaul Rp25 ribu per bulan di Jakarta, Selasa (30/3/2010).

Joy mengatakan, penyediaan berbagai program promo serta peluncuran layanan terbaru BlackBerry merupakan upaya untuk memacu pertumbuhan pelanggan BlackBerry XL yang saat ini sudah mencapai 310 ribu pelanggan. “Untuk berlangganan layanan BlackBerry full service dengan biaya Rp 75 ribu per bulan, pelanggan dapat membeli Blackberry Onyx seharga Rp 5,399 juta,” kata dia.

Tawaran layanan full BlackBerry Internet Services (BIS) yang Rp 75 ribu per bulan itu jauh berarti lebih murah dari tarif layanan BlackBerry yang ditawarkan operator lain. Bahkan tawaran dari XL itu lebih murah dari layanan BlackBerry yang ditawarkan operator 3, PT Hutchison CP Telecommunication, yang sebesar Rp 88 ribu per bulan.

"Tarif itu bisa dinikmati selama enam bulan sejak diaktifkan. Setelah itu tarif akan kembali normal," kata General Manager Sales BlackBerry Internet XL Handono Warih.

Program bundling ini digencarkan untuk meningkatkan persentase jumlah pelanggan layanan BlackBerry dengan handset keluaran distributor resmi yang ditunjuk oleh Research in Motion (RIM). "Kami menyediakan paket ini untuk mengedukasi pelanggan sehingga mau membeli BlackBerry resmi. Saat ini komposisi pengguna BlackBerry yang bukan resmi dari kami mencapai 60%," ujar Joy.

XL sendiri saat ini telah memiliki 310 ribu pelanggan, 80% di antaranya adalah pelanggan prabayar dan 20% sisanya pelanggan pascabayar. Rata-rata pemakaian pulsa (average revenue per user/ARPU) sekitar Rp 100 ribu per bulan.

Selain menawarkan paket bundling BlackBerry Onyx seharga Rp 5,399 juta dengan biaya berlangganan layanan BIS Rp 75 ribu per bulan, XL juga menawarkan paket bundling Blackberry Geminy seharga Rp 2,89 juta dengan paket promo layanan Blackberry Gaul berbiaya Rp 25 ribu per bulan.

“Layanan Blackberry Gaul Rp25 ribu untuk pembeli Gemini XL per bulan memberikan fitur layanan antara lain Facebook, MysPace, Yahoo Messenger, MSN, Google Talk, serta Blackberry Messenger,” kata dia.

Dia menegaskan, program Blackberry One Onyx dan Blackberry Gaul berlaku selama tiga bulan, yakni dari 30 Maret hingga 30 Juni 2010. Setelah registrasi, pelanggan berhak mendapatkan promo tarif selama enam bulan sejak pertama kali mengaktifkan layanan BlackBerry.

Untuk mengantisipasi lonjakan permintaan BlackBerry Onyx dan Gemini, XL telah menyiapkan masing-masing sekitar 10 ribu unit Blackberry Onyx dan Gemini. "Program promo ini hanya berlaku bagi pengguna baru. Kami memang menyasar (pelanggan baru) itu," kata Handono.

Joy menegaskan, selain gencar memasarkan layanan BlackBerry XL, pelangga tidak khawatir dengan kualitas layanan. “Sebab layanan BlackBerry kami memang lebih baik dari sisi harga dan kualitas," kata Joy.

Beberapa waktu lalu, lanjut dia, untuk memenuhi kebutuhan akses pelanggan BlackBerry, XL telah meningkatkan bandwidth ke server RIM di Kanada dari 180 megabit per detik (Mbps) menjadi 260 Mbps melalui jaringan optik internasional milik Tata dan Aicent.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar