Rabu, 31 Maret 2010

Trikomsel Jual Netbook Rp 2 Juta

PT TRIKOMSEL Oke Tbk memasarkan netbook dengan harga di bawah Rp 2 juta per unit. Netbook bernama Trio Edubook itu membidik kalangan pelajar di Indonesia. Produk tersebut didukung 25 pusat layanan purna jual yang tersebar di beberapa kota besar di Jawa, Sumatra, dan Sulawesi.

"Untuk memperkenalkan produk itu ke kalangan pelajar, kami akan mengadakan roadshow ke 20 sekolah di Jabodetabek dengan harga khusus," kata Direktur PT Trikomsel Oke Tbk Evy Soenarjo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (30/3).

Dia mengharapkan, dengan kehadiran produk tersebut, kesenjangan teknologi informasi di kalangan masyarakat bisa semakin menurun.

"Kami sudah menjajaki industri komputer mini sejak 2008 dan melihat animonya terus membaik," kata dia.

Ia mengakui, pihaknya mengincar pasar untuk segmen pelajar di tengah pertumbuhan kebutuhan masyarakat pada produk teknologi informasi yang harganya terjangkau.

Trikomsel, lanjut dia, bekerja sama dengan dua pemegang merek (principal) Xcore, yaitu perusahaan yang berfokus pada pembuatan komputer berbiaya murah, hemat energi. XCore merupakan produsen komputer yang berpengalaman lebih dari 10 tahun dalam pembuatan motherboard untuk aplikasi komputer khusus.

Netbook tersebut memiliki layar monitor 8,9 inci, LED-backlight WSVGA 1024 x 600, yang mengusung prosessor Xcore86 berkecepatan 1GHz. Selain itu, media penyimpanan netbook tersebut menggunakan SD card yang bisa ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan, dan menggunakan baterai standar AA NiMH.

"Perawatan Trio Edubook cukup mudah, karena menggunakan system `Device On Chip,` sehingga jika terjadi kerusakan hanya perlu mengganti komponen yang rusak tidak perlu mengirimkan unit utuhnya untuk diperbaiki," katanya.

Hal lain yang membedakan produk tersebut, dari produk lain, kata dia, Trio Edubook tidak menggunakan adaptor luar sehingga konsumen cukup "plug in" kabel AC ke sumber aliran listrik, dengan konsumsi listrik 6,5 - 8,5 watt.

Untuk pembeli umum, kata dia, Trikomsel juga telah ditunjuk sebagai distributor resmi produk itu untuk tiga negara, yakni Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Di Indonesia, perusahaan itu mengandalkan pemasaran pada jaringan gerai Okeshop dan beberapa retai modern seperti Carrefour dan Hypermart. Selain itu, Trikomsel juga membuka peluang semua pihak yang tertarik menjadi distributor produk itu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar