Senin, 22 Maret 2010

HP dan Canon Bersaing di Pasar Printer

DOMINASI Hewlett Packard (HP) di pasar printer laser tidak membuat Canon sebagai pemain utama di pasar ini ketar-ketir. Vendor printer asal Jepang itu justru fokus menggarap segmen printer inkjet.

Pasalnya, menurut perkiraan International Data Coorporation (IDC), pasar printer inkjet pada tahun ini volumenya di atas dua juta unit. Sedangkan market size printer laser menurut perkiraan firma riset itu sekitar 191 ribu unit.

"Kami akan serius menggarap printer inkjet, apalagi tahun lalu kami kuasai 55% market share pasar printer tersebut," kata Senior Marketing Manager PT Datascrip Canon Division Monica Aryasetiawan di Jakarta, belum lama ini.

Sebelumnya, HP mengklaim, produk printer laser miliknya merupakan printer laser dengan penerimaan pasar paling tinggi di Indonesia. Mengutip data dari IDC per kuartal IV 2009, untuk pertumbuhan per kuartal, LaserJet HP mengalami peningkatan menjadi 62,78 % dari kuartal sebelumnya yang hanya 50,93%. Sedangkan pertumbuhan pangsa pasarnya secara tahunan meningkat menjadi 54,35% terhadap tahun 2008.

"Kuartal IV 2009, total pangsa pasar produk ini di Indonesia naik menjadi 62,78% ," kata Director Enterprise Sales and Services, Imaging and Printing Group HP Indonesia Astri R Dharmawan, saat peluncuran printer LaserJet terbaru HP belum lama ini.

Monica menyatakan, penjualan printer Canon pada kuartal IV cukup baik. Untuk printer inkjet multifungsi, kata dia, Canon menguasai pasar dengan pangsa 46% pada 2009, bersaing ketat dengan HP. Khusus pada kuartal IV, market share Canon 49%.

Untuk pasar printer fungsi tunggal, kata dia, Canon menguasai pasar dengan pangsa 59% selama 2009. Sedangkan kuartal IV/2009, Canon menguasai pangsa pasar 64%.

"Meningkatnya penjualan printer Canon didukung kondisi politik dan ekonomi yang stabil sehingga mendorong peningkatan belanja TI," katanya.

Monica menilai, pasar di Indonesia masih dominan menyukai produk-produk yang murah. Untuk itu, pihaknya akan berkonsentrasi menghadirkan produk printer di kelas entry level. Dia juga memperkirakan, pertumbuhan printer inkjet tahun ini sekitar 10%, di mana printer multifungsi menjadi salah satu primadona tahun ini.

"Kami bersaing ketat dengan HP di pasar printer inkjet. Pertumbuhan printer fungsi tunggal sudah minus, yang mungkin masih tumbuh hanya printer multifungsi," kata dia.

Pasar Printer Laser

Astri menyebutkan, pertumbuhan pangsa pasar printer LaserJet terus mengalami pertumbuhan, baik dalam skala per kuartalan maupun tahunan. Secara keseluruhan, pertumbuhan per kuartal printer LaserJet HP mencapai 205%, sedangkan pertumbuhan tahunannya sebesar 157%. "Melihat perkembangan ini, kami optimistis akan terjadi peningkatan pula pada tahun ini," ujar Astri.

Menurut dia, posisi kepemimpinan HP Laser Jet secara keseluruhan di Indonesia mendominasi hampir semua segmen printer dengan pangsa pasar di atas 50 %.

Pada 2009, kata dia, nilai pasar printer laser untuk monokrom (hitam putih) pangsa psarnya sangat dominan yaitu 81%, sedangkan untuk warna mencapai 53,83%. Segmen lainnya yaitu volume laser segmen di tahun yang sama meraih pangsa pasar 64,73% untuk mono dan 60,79% untuk warna. Adapun segmen printer laser multifungsi, sambung Astri, HP meraih pangsa pasar 63,39% untuk monokrom dan 31,54 % untuk warna.

Namun Astri enggan menyebutkan target pertumbuhan yang akan dicapainya pada 2010. "Yang jelas, kami terus berupaya melakukan berbagai inisiatif dan inovasi baru dan meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan agar pertumbuhan produk ini bisa terus berkembang," tandasnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar