Jumat, 26 Maret 2010

Telkom Resmikan Plasa.com Jadi E-commerce

PT TELEKOMUNIKASI Indonesia Tbk (Telkom) meresmikan Plasa.com menjadi portal e-commerce dan agregasi konten. Telkom tidak berambisi meraih keuntungan dari bisnis online itu, tetapi Plasa.com diharapkan bisa memberi dukungan bagi pelaku bisnis Indonesia dalam mengembangkan usahanya.

Dirut Telkom Rinaldi Firmansyah mengakui, bisnis e-commerce tak menjanjikan keuntungan secara bisnis. Namun, dari segi nilai (value) perusahaan ada ‘keuntungan’ yang besar.

“Facebook sampai hari ini masih merugi. Tapi value perusahaan amat tinggi. Itu terlihat dari nilai sahamnya. Baru-baru ini, Microsoft harus mengeluarkan dana miliar dolar AS untuk membeli beberapa persen saham Facebook,” kata Rinaldi di Jakarta, Kamis (25/3).

Plasa.com adalah portal online tertua dan terbesar di Indonesia yang diluncurkan pada 1998. Portal ini dikelola anak perusahaan Telkom, PT Metranet yang juga dikenal dengan Mojopia. Fokus usahanya adalah pada tiga layanan, e-commerce, konten, dan komunikasi.

“Ke depan, Plasa.com harus berkembang ke arah mobile sehingga tidak hanya bisa diakses lewat komputer (PC atau laptop), tapi juga handphone. Versi mobile-nya akan dihadirkan dalam waktu dekat,” kata dia.

Rinaldi mengatakan, saat ini banyak portal e-commerce asing yang bisa diakses di Tanah Air, tapi masyarakat membutuhkan portal e-commerce dengan kontel lokal. “Kami juga berharap Plasa.com ini bisa menjadi fasilitator bagi UKM (usaha kecil dan menengah) untuk memasarkan produknya,” kata dia.

Tidak ada target yang muluk buat layanan e-commerce ini, kecuali meraup sebanyak mungkin merchant dan jumlah transaksi pada tahun pertama. “Targetnya, dalam kurun waktu tiga tahun, Plasa.com bisa memajang satu juta item barang dari 1.000 merchant,” kata Rinaldi.

Sementara itu, Chief Executive Officer (CEO) Metranet (Mojopia) Shinta Dhanuwardoyo mengatakan, pihaknya juga akan menggandeng UKM binaan Telkom yang berjumlah 32 ribu lebih di seluruh Indonesia. “Tapi masyarakat umum juga bisa masuk. Syaratnya Cuma KTP asli dan NPWP,” kata dia.

Sedangkan biaya transaksi dan pendaftaran, lanjut dia, pihaknya masih membebaskannya. Transaksi melalui Plasa.com saat ini bisa menggunakan kartu kredit BII atau dengan transfer langsung ke Mojopia. “Ke depan kami sedangkan kembangkan sistem pembayaran melalui T-Cash atau PayPal,” kata Shinta.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar