Jumat, 23 Juli 2010

Alcatel-Lucent Sukses Uji Coba di Jaringan Indosat

ALCATEL-LUCENT Indonesia dan Indosat berhasil menyelesaikan uji coba jaringan transport backhaul end to end konvergen untuk jaringan mobile. Uji coba ini membuktikan, solusi transport IP end to end konvergen memungkinkan bagi Indosat untuk memanfaatkan sepenuhnya skalabilitas jaringan mobile backhaul – mulai dari jaringan backbone hingga ke last mile.

Senior Manager Technical Business Development PT Alcatel-Lucent Indonesia Willy Sabri mengatakan, uji coba dilakukan dengan mengintegrasikan jaringan Metro Ethernet terkini Alcatel-Lucent di Indosat dengan teknologi transport konvergen Alcatel-Lucent berdasarkan solusi Metro Ethernet, Gigabit Passive Optical Network (GPON), dan Microwave Packet Radio (MPR).

“Penggunaan teknologi konvergensi dan IP (Internet Protocol) tak lain adalah untuk efisiensi,” kata Willy Sabri di Jakarta, Rabu (21/7).

Uji coba ini, kata Willy, untuk menilai evolusi teknologi transport menuju jaringan transport end to end yang konvergen. Yakni, yang mendukung kebutuhan untuk backhaul base station 2G hingga evolusi ke jaringan yang All IP.

Indosat adalah operator terbesar kedua di Indonesia dengan 31,9 juta pelanggan per kuartal I-2010. Saat ini, misi Indosat adalah menyebarkan dan memperluas jaringan ke IP (baik teknologi generasi ketiga/3G, 3,5G/HSPA dan atau 4G/LTE) dengan tetap mempertahankan jaringan lama (2G).

“Hasil uji cobanya sangat bagus untuk interoperabilitas dari GPON dan teknologi MPR dengan jaringan IP Indosat yang ada. Untuk memastikan kualitas dan kinerja layanan mobile juga dilakukan test drive dengan hasil yang baik pula,” kata Division Head IP, MPLS & Metro-E Network Planning PT Indosat Tbk Yulianus.

Yulianus mengatakan, Indosat kini tengah memodernisasi jaringannya dengan menggunakan teknologi Ericsson. Namun, pada bagian backhaul, Indosat yang menganut multivendor ini menggunakan teknologi Alcatel-Lucent.

“Selain teknologi Alcatel-Lucent, kami juga menggunakan teknologi dari vendor lain,” kata Yulianus.

Keberhasilan dari uji coba ini telah memperkuat kembali jejak langkah Alcatel-Lucent dalam transformasi jaringan transport Indonesia ke IP. Hal ini juga membuktikan bahwa solusi Alcatel-Lucent mampu untuk saling bekerja dan bahu membahu di lingkungan multivendor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar