Rabu, 14 Juli 2010

XL Fokus Garap Pelanggan Berkualitas

PT XL Axiata Tbk menargetkan pendapatan tahun ini naik sekitar 16-19%. Karena itu, XL tidak terlalu berambisi menambah jumlah kuantitas pelanggan, melainkan kualitasnya.

Sampai kuartal I/2010, pelanggan XL secara nasional mencapai 32,6 juta. Sedangkan posisi pelanggan akhir tahun lalu, sekitar 31,4 juta.

"Yang kami hitung pelanggan yang aktif melakukan transaksi, bukan pelanggan yang memasuki masa tenggang," kata Head of Corporate Communications PT XL Axiata Tbk Febriati Nadira di Surabaya, Selasa (13/7).

Febriati yang akrab disapa Ira ini menyebutkan, tren pelanggan seluler saat ini mengarah pada layanan data. Saat ini, pelanggan XL yang menggunakan internet via ponsel mencapai 13,5 juta. Selain tarif internetan makin murah, handset-nya juga makin terjangkau. Berdasarkan data yang ada, masyarakat Indonesia masuk kategori tiga besar pengguna Facebook, setelah Amerika Serikat dan Inggris. Sementara untuk Twitter menempati posisi tertinggi se-Asia.

Sementara itu, Vice President XL wilayah Timur Djunaedy Hermawanto mengatakan, pelanggan XL di area timur sebanyak sembilan juta per kuartal I-2010. Sampai akhir 2010, kontribusi wilayah timur diharapkan stabil pada angka 25-30% dari total pelanggan XL secara nasional.

Menyikapi pertumbuhan pengguna internet yang luar biasa, XL berharap banyak memberikan manfaatnya dibandingkan sisi negatifnya. Karena itu, XL menyelenggarakan program Komputer unntuk Sekolah (KuS), sejak tiga tahun lalu.

“Sekarang kami memberikan donasi sejumlah komputer untuk 16 sekolah di Surabaya, Sidoarjo, Madura, dan Lombok. Namun yang hadir di Graha XL Surabaya sebanyak 24 kepala sekolah dan guru perwakilan 12 sekolah,’’ kata Ira.

Mereka terpilih di antara lebih dari 60 sekolah yang mengajukan proposal ke XL. Untuk program Corporate Social Responsibility (CSR) tahun ini, termasuk pendidikan, XL mengalokasikan anggaran Rp 10 miliar hingga Rp 15 miliar. Kalau tahun lalu, realisasi CSR XL mencapai Rp 10 miliar.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar