Selasa, 06 Juli 2010

Telkomsel Gratiskan NSP, 10% Pelanggan Menolak

DALAM rangka Pesta Bola, Telkomsel memberikan gratis nada sambung pribadi (NSP) selama sepekan (tujuh hari) untuk lagu The Changcuters yang berjudul Ayo Semangat. Setelah itu, pelanggan membayar NSP itu seharga Rp 3.000 per dua minggu, dan pada minggu berikutnya berlaku tarif normal, yakni Rp 3.000 per minggu.

General Manager Digital Music Technical Telkomsel Edhi Mucharam mengatakan, penawaran tersebut dikirimkan secara broadcast kepada lima juta pelanggan terpilih pada 3 Juli lalu. Pelanggan yang tidak setuju dengan penawaran bisa membalas SMS itu dengan mengetikkan NO dan kirim ke 1212.

“Dari lima juta pelanggan yang dikirim SMS broadcast itu, ada sekitar 450 ribu yang menjawab NO,” kata Edhi Mucharam di Jakarta, Senin (5/7).

Edhi menjelaskan, pelanggan yang tidak membalas SMS dianggap ‘setuju’ dengan penawaran itu. “Meski demikian, kami tidak langsung menginjeksikan lagu itu, karena pada hari ni (5 Juli) kami akan mengirimkan kata kunci sebagai tanda setuju. Lagu akan diinjeksikan bila pelanggan mengirimkan balik kata kunci itu,” kata dia.

Untuk menjawab SMS itu, kata Edhi, pelanggan tidak dikenai pemotongan pulsa alias gratis. Namun, dalam pelaksanaannya ada pelanggan yang mengeluhkan pulsanya terpotong saat membalas NO. “Kami sudah cek, memang ada yang pulsanya kepotong. Jumlahnya tidak signifikan, sekitar 10% dari jumlah pelanggan yang membalas NO. Ini kesalahan teknis pada sistem kami. Kami akan refund dan kami harapkan tuntas paling lambat pada Minggu ini,” kata dia.

Meski demikian, ada juga pelanggan yang menganggap operator terbesar di Indonesia itu telah mengirimkan SMS sampah dengan penawaran NSP Ayo Semangat dari The Changcuters itu. Selain SMS sampah, pelanggan menganggap Telkomsel telah menyusahkan pelanggan karena harus membalas SMS dengan NO.

Menurut Edhi, bagi pelanggan yang membalas SMS dengan NO, Telkomsel tidak akan lagi mengirimkan penawaran NSP. “Ini akan kami jadikan database untuk memilah mana pelanggan yang menyukai lagu dan mana yang tidak. Mungkin pelanggan yang tidak suka NSP akan kami tawarkan konten lain, seperti game atau video,” kata dia.

Dia menjelaskan, dari 87 juta pelanggan Telkomsel saat ini, ada enam juta pelanggan setia NSP. Saat ini, Telkomsel menyediakan 15 ribu lagu

Konten Religi Muhammadiyah

Bersamaan dengan Muktamar Muhammadiyah ke 46, Telkomsel menghadirkan konten informasi lengkap kegiatan muktamar yang berlangsung di Yogyakarta 3-8 Juli 2010. Semua pelanggan Telkomsel bisa mengakses menu browser *123*100#. Nota kesepahaman itu diteken oleh Dirut Telkomsel Sarwoto Atmosutarno dan Ketua Umum Muhammadiyah Din Syamsudin.

“Melalui layanan konten info Muhammadiyah, kami menyediakan sarana yang memberikan kemudahan bagi anggota Muhammadiyah untuk memperoleh update informasi langsung di ponsel kapan pun dan di mana pun,” kata Sarwoto.

Selain layanan konten berbasis menu browser itu, Telkomsel juga menyediakan NSP khusus Muktamar Muhammadiyah ‘Ke Jogja Kembali’. Cukup SMS, ketik MUH100, lalu kirim ke 1212.

“Dengan kapasitas Telkomsel sebagai operator selular yang memiliki jaringan pelayanan yang menjangkau hingga pelosok Indonesia, kami yakin layanan ini akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan seluruh umat Islam,” kata Din Syamsudin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar