Jumat, 30 Juli 2010

LG Targetkan Raih Pangsa Pasar TV LED 40%

PABRIKAN elektronik Korea Selatan, LG Electronics Indonesia (LGEI), fokus 100% menggarap produk televisi (TV) berteknologi Light Emitted Diod (LED). Pada segmen ini, pemainnya hanya beberapa saja dan LG adalah pemimpin pasar (market leader).

Product Marketing Flat Panel Display LGEI Lie Dewi Srijati mengatakan, LG menargetkan bisa meraup pangsa pasar TV LED hingga 40%.

Dia menyebutkan, perkembangan teknologi TV berkembang sangat pesat. Yakni, dari teknologi layar hitam-putih menjadi berwarna, dari TV tabung menjadi liquid crystal disply (LCD), dan LCD ke LED.

“Sekarang perkembangannya pada titik tertinggi, yakni TV tiga dimensi (3D). Pasarnya tumbuh signifikan,’’ kata Lie di sela pameran LG TV LED di Surabaya, Kamis (29/7).

Perkembangan tehnologi TV, lanjut Lie, dipicu kebutuhan mayoritas penduduk yang menjadikan tontonan TV sebagai santapan hiburan dan informasi sehari-hari. Sebagai pemimpin pasar global dan inovator layar panel datar, serta perangkat audio visual, LG menangkap peluang pasar itu dengan meluncurkan LX9500 full LED 3D TV pertama di dunia. Sebagai perangkat TV berdefinisi tinggi (HTV), LX9500 menggabungkan secara utuh teknologi LCD dan LED backlit dengan kemampuan 3D.

Dia mengakui, beberapa prabrikan TV mengklaim sudah merilis TV LED 3D, namun sebenarnya mereka hanya melakukan konversi dari 2D ke 3D. Namun LG tidak melakukannya karena secara tekhnologi berbeda dan kalau dipaksakan hasilnya tidak sempurna.

Untuk itu, LG memproduksi TV LED 3D yang sebenarnya dengan menggunakan tekhnologi 3D sehingga menghasilkan kualitas gambar yang sempurna. “LX9500 merupakan TV masa depan yang dilengkapi fitur tercanggih yang pernah ada,’’ ujar dia.

Sementara itu, Branch Manager PT LGEI cabang Surabaya Iwan Sutanto mengatakan, potensi pasar LED TV di Indonesia saat ini masih kecil, yakni sekitar 10 ribuan unit. “Dengan target market share 40%, berarti kami harus menjual empat ribu unit secara nasional. Kontribusi Surabaya atau area Jatim, diharapkan 25-30%,’’ jelas dia.

Selain LX9500, LG juga punya produk lain LX6500. Rencananya dalam waktu dekat, pihaknya akan melempar 20 jenis model baru TV LED ke pasaran, sebagai bentuk komitmen LGEI untuk 100% fokus di pasar TV LED. Untuk pasar Indonesia, LX9500 akan dipasarkan dalam dua model, yakni 47 inci dengan kisaran harga Rp 38 jutaan dan 55 inci sekitar Rp 58 jutaan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar