Selasa, 20 Juli 2010

Komunitas BlackBerry Telkomsel Sepi

HINGGA awal Juli 2010, pelanggan Telkomsel BlackBerry tembus angka 500 ribu. Pelangan BlackBerry Telkomsel yang dominan adalah pelanggan prabayar, yakni sebesar 90%. Namun, yang menjadi anggota komunitas BlackBerry baru 6.500 pelanggan.

General Manager Community Telkomsel Yunita Primastuti mengatakan, banyak manfaat yang bisa dipetik bila menjadi anggota komunitas BlackBerry Telkomsel. Untuk itu, Telkomsel dan Ketua Komunitas BlackBerry mendatangi para pelanggan BlackBerry di lima kota, yakni Surabaya, Malang, Makassar, Bandung dan Jakarta agar bergabung ke komunitas.

”Sebagai operator, kami tidak cuma ingin pengguna BlackBerry sekadar memanfaatkan BlackBerry untuk SMS atau menelepon, tapi bisa mengeksplorasi fitur-fitur yang tersedia di BlackBerry. Untuk itulah, bersama-sama moderator milis dan ketua komunitas, kami jemput bola untuk mengedukasi pengguna BlackBerry Telkomsel,” kata Yunita di sela edukasi pengguna BB Telkomsel di Surabaya, Minggu (18/07).

Yunita menambahkan, dari jumlah komunitas pelanggan yang ada di Telkomsel, komunitas BlackBerry relatif masih sangat kecil. Total jumlah komunitas pelanggan di Telkomsel sebanyak sembilan juta. Terbanyak komunitas sekolah dan perguruan tinggi di kisaran delapan juta lebih.

Untuk memacu pelanggan BlackBerry menjadi anggota komunitas, selain melakukan jemput bola pengguna BlackBerry Telkomsel, pihaknya juga melakukan BlackBerry Mobile bekerja sama dengan Research In Motion (RIM), produsen BlackBerry. BlackBerry Mobile ini baru dilaksanakan di Jakarta dan akan dilakukan juga di beberapa kota besar Indonesia, seperti di Surabaya.

Founder dan moderator Telkomsel BlackBerry Community (TBC) Arief Setyawiyoga mengatakan, TBC dibentuk pada 8 Agustus 2008 dan dikelola 12 moderator. Empat di antaranya orang luar, dan sisanya dari internal Telkomsel.

”Ikut komunitas BlackBerry akan menambah wawasan karena mengikuti informasi yang dikirimkan lewat milis,” jelas Arief.

Arief menegaskan dengan bergabung ke komunitas BlackBerry, pengguna merasakan pengalamanan yang berbeda, termasuk benefit yang bisa diperoleh karena Telkomsel mendukung dan memfasilitasi segala kegiatan komunitas.

Sementara itu, General Manager Sales & Customer Service Telkomsel Regional Jatim Ketut Eri Budi mengatakan, esensi dari komunitas adalah anggota bisa mengikuti up grade info yang dikirimkan melalui milis. Anggota juga bisa menanyakan fitur-fitur BlackBerry dari jaringan Telkomsel.

”Kalau gabung jadi anggota, tidak perlu datang menanyakan ke petugas Telkomsel. Melalui milis semua persoalan bisa terbantukan. Sedangkan dari sisi penambahan pelanggan BlackBerry pascabayar Telkomsel dengan adanya komunitas ini, memang secara tidak langsung bisa terjadi. Namun fokus utamanya pada nilai tambah yang diperoleh pelanggan,” kata Ketut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar